Sandiaga Blak-blakan soal Nasib Hotel Milik Aguan Cs di IKN

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno blak-blakan soal nasib dan progres pembangunan Hotel Nusantara milik Aguan Cs di Ibu Kota Negara (IKN).

Pada unggahan IG resminya @sandiuno, dia tampak meninjau pembangunan akomodasi pendukung pariwisata dan ekonomi imajinatif di IKN Nusantara. Sandi juga mengecek langsung pembangunan Hotel Nusantara.

"Setelah kita meninjau beberapa akomodasi parekraf, bisa kita pastikan insyaallah di akhir Juli-awal Agustus (2024) siap dioperasikan, terutama Hotel Nusantara," kata Sandi, Rabu (1/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita juga memastikan akomodasi sentra ekonomi imajinatif nan kita lihat itu akhir Juli-awal Agustus (2024) bisa difungsikan," sambungnya.

Nantinya, bakal ada training bagi para pelaku upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sandi menekankan training UMKM nan sudah dikurasi itu juga untuk persiapan HUT Indonesia ke-79 di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Menparekraf Sandiaga menegaskan bakal terus berkoordinasi dengan Otorita IKN untuk mempersiapkan seremoni hari jadi Indonesia pada 17 Agustus 2024 nanti. Ia menyebut persiapan Kemenparekraf, terutama untuk sektor parekraf dan UMKM.

"Nanti kita koordinasi dengan Otorita IKN agar prosesi seremoni 17 Agustus ini juga dirasakan oleh masyarakat luas, termasuk para pelaku UMKM ekonomi imajinatif dan akomodasi pariwisatanya sudah bisa difungsikan," jelasnya dalam keterangan resmi Otorita IKN, Selasa (30/4).

"Saya percaya teman-teman (pelaku UMKM) tadi ketemu, semuanya semangat, ini bisa selesai tepat waktu," tandas Sandi.

Hotel Nusantara di IKN nan ditinjau Sandi didanai oleh sejumlah pengusaha Indonesia. Ini merupakan proyek konsorsium ketua Bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma namalain Aguan.

Bahkan, Presiden Joko Widodo menghadiri langsung proses groundbreaking alias peletakan batu pertama proyek ini pada September 2023 lalu. Jokowi juga berterima kasih atas sumbangsih Rp20 triliun dari 10 pengusaha tersebut di ibu kota anyar Indonesia.

[Gambas:Instagram]

"Yang saya hormati para penanammodal nan tergabung dalam konsorsium dari grup Agung Sedayu (Agung Sedayu Group), Indofood (bagian dari Salim Group), Sinarmas, Pulauintan, Adaro, Barito Pacific, Astra, Mulia Group, dan Kawan Lama Group," sapa Jokowi saat memberikan sambutan groundbreaking Hotel Nusantara di IKN.

Ada juga satu perusahaan lain, ialah Alfamart Group nan tergabung dalam konsorsium nusantara. Jokowi terlewat menyebutnya dalam sambutan, tetapi secara langsung menyapa Djoko Susanto nan merupakan Bos Alfamart Group.

"Pak Aguan (Bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma), Pak Franky (Bos Sinarmas Group Franky Wijaya), Pak Prajogo (Bos Barito Pacific Prajogo Pangestu), Pak Eka Tjandranegara (Bos Mulia Group), Pak Pui (Bos Pulauintan Pui Sudarto), Pak Boy Thohir (Bos Adaro), Pak Kuncoro Wibowo (Bos Kawan Lama Group), Pak Djoko Susanto (Bos Alfamart Group), dan nan lain nan tidak bisa saya sebut satu per satu," sambung Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com