Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8 Elite, Bawa Performa Gaming Konsol ke Smartphone!

Sedang Trending 3 jam yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm baru saja mengumumkan chipset smartphone terbarunya, Snapdragon 8 Elite, nan siap merevolusi bumi smartphone flagship di dunia.

Diperkenalkan dalam aktivitas tahunan Snapdragon Summit, Snapdragon 8 Elite menjadi chipset smartphone paling berkekuatan di pasaran saat ini berkah kombinasi CPU Qualcomm Oryon dan teknologi AI terbaru.

Dengan konfigurasi 2 inti Prime mencapai kecepatan tertinggi di pasaran hingga 4.32GHz dan 6 inti Performance berkecepatan 3.53GHz, Snapdragon 8 Elite membawa performa CPU hingga 45 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

Selain itu, chipset baru Qualcomm ini dibangun menggunakan proses arsitektur 3nm TSMC, membuatnya lebih efisien dengan konsumsi daya 44 persen lebih rendah.

Tak hanya soal kecepatan, Snapdragon 8 Elite juga menghadirkan pengalaman gaming luar biasa berkah GPU Adreno baru.

Berbekal GPU baru ini, prosesor Snapdragon 8 Elite diklaim 40 persen lebih sigap dan mendukung penuh fitur ray-tracing hingga 35 persen.

Hal ini membikin skematis di dalam game terasa jauh lebih realistis, dan imersif layaknya bermain di konsol.

Qualcomm juga membikin langkah besar dengan menghadirkan support Nanite dari Unreal Engine 5.3, memungkinkan perincian visual setara konsol untuk game AAA di smartphone.

"Game level AAA bakal segera tersedia untuk perangkat seluler," ucap Qualcomm dalam keterangannya.

Chipset baru Qualcomm ini tidak hanya unggul dalam gaming. Di sisi kepintaran buatan, NPU Hexagon baru menawarkan peningkatan kecepatan pemrosesan AI lebih efisien daya sebesar 45 persen.

Qualcomm juga menghadirkan AI Engine baru nan mendukung model AI multimodal, memungkinkan smartphone flagship dengan Snapdragon 8 Elite untuk menjalankan tugas AI nan lebih kompleks secara langsung di perangkat.

Snapdragon 8 Elite bakal datang di beragam smartphone flagship dari merek-merek ternama seperti Asus, Honor, OnePlus, Samsung, dan Xiaomi.

Di Indonesia, iQOO 13 bakal menjadi nan pertama membawa chipset terbaru ini ke pasar dalam beberapa minggu mendatang.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi