Ponsel Cepat Overheating? Ini Cara Ampuh Biar Tetap Adem!

Sedang Trending 16 jam yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Pernah nggak sih, lagi asik menonton movie alias main game di ponsel, tiba-tiba layar terasa panas? Bahkan, kadang muncul notifikasi peringatan suhu tinggi.

Di musim panas alias saat aktivitas berat, ponsel kerap kali mengalami overheating. Tidak hanya membuat tangan terasa kurang nyaman, tapi juga bisa berakibat jelek pada keahlian ponsel kamu.

Hal ini pun bisa terjadi ke deretan perangkat flagship, seperti iPhone 15 alias Pixel 9. Jadi, apa sebenarnya nan menyebabkan ponsel sigap panas dan gimana langkah mencegahnya?

Penyebab Ponsel Overheat

Dikutip dari CNET, Kamis (19/9/2024), ada beberapa argumen umum kenapa ponselmu bisa sigap panas. Dan, ini bukan hanya soal cuaca:

1. Paparan Sinar Matahari Langsung

Kalau Anda sering meninggalkan ponsel di tempat terbuka di bawah sinar Matahari, terutama saat musim panas, siap-siap deh ponsel Anda overheat.

2. Lingkungan Panas

Misalnya, Anda tinggalkan ponsel di dalam mobil nan terparkir di bawah terik matahari. Temperatur di dalam mobil bisa melonjak drastis, bikin ponsel nggak tahan panas.

3. Penggunaan Aplikasi Berat saat Charging 

Main game dengan skematis tinggi, seperti PUBG alias Call of Duty, alias streaming movie HD saat ponsel lagi di-charge juga bisa membikin smartphone cepat panas.

4. Baterai alias Charger Bermasalah

Menggunakan charger non-orisinal alias baterai nan sudah rusak juga bisa memicu ponsel jadi panas lebih cepat.

5. Bug di Sistem alias Aplikasi Rusak

Kadang, masalah overheating bisa terjadi gara-gara aplikasi nan error alias bug di sistem operasi. Hal ini bikin perangkat bekerja lebih keras dan menimbulkan ponsel panas.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi