Pendaftaran CPNS Diperpanjang, BKN Minta Pelamar Perhatikan Hal Ini

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 06 Sep 2024 14:49 WIB

BKN mengimbau para pelamar seleksi CPNS 2024 untuk tidak mendaftar saat mendekati akhir pemisah waktu penutupan. BKN mengimbau para pelamar seleksi CPNS 2024 untuk tidak mendaftar saat mendekati akhir pemisah waktu penutupan. (Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengimbau para pelamar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 untuk tidak mendaftar saat mendekati akhir pemisah waktu penutupan.

Proses pendaftaran seleksi CPNS di portal SSCASN nan sebelumnya dijadwalkan berhujung pada 6 September bakal diperpanjang hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan imbauan itu demi kelancaran proses pendaftaran. Ia mengatakan kecenderungan pelamar nan mendaftar dengan sistem kebut semalam dapat menghalang mereka menyelesaikan proses pendaftaran.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pelamar diminta untuk memanfaatkan kesempatan waktu perpanjangan pendaftaran ini dengan maksimal," ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat (5/9).

Proses pendaftaran nan diperpanjang itu bermaksud untuk mengakomodir para pelamar nan belum sukses menyelesaikan tahapan pendaftaran di portal.

Salah satu aspek utama penyesuaian agenda tersebut adalah hambatan teknis seperti pembelian dan pemanfaatan materai elektronik alias e-meterai nan mengalami gangguan sehingga menghalang proses penyelesaian pendaftaran di portal.

Suharmen menjelaskan hambatan pembelian e-meterai oleh masyarakat di seluruh platform Peruri tidak dapat dibebankan kepada para calon pelamar. Oleh karena itu, Panselnas mengambil kebijakan dengan memberikan tambahan waktu pendaftaran selama empat hari, dari sebelumnya waktu pendaftaran berhujung pada 6 September, diubah menjadi 10 September 2024.

Selain itu, optimasi pengisian susunan CPNS juga menjadi pertimbangan dilakukannya penyesuaian agenda pendaftaran, di mana tahun ini tersedia alokasi 250.407 susunan bagi 69 lembaga pusat dan 478 lembaga daerah.

"Pemerintah lewat Panselnas mau memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat berkompetisi pada perhelatan CPNS tahun ini," imbuhnya.

Terhitung hingga Jumat (5/9) pukul 08.00 WIB, jumlah pendaftar CPNS telah mencapai 2.922.336, di mana jumlah submit/resume alias mengakhiri pendaftaran mencapai 1.011.148 pelamar.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com