Pemerintah Bakal Permudah Impor Susu Demi Program Prabowo-Gibran

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 30 Apr 2024 13:46 WIB

Pemerintah bakal mengubah patokan untuk mempermudah impor susu masuk ke Indonesia agar program susu cuma-cuma Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming bisa berjalan. Pemerintah bakal mengubah patokan untuk mempermudah impor susu masuk ke Indonesia agar program susu cuma-cuma Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming bisa berjalan. (CNN Indonesia/ Dhio Faiz).

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah bakal mengubah patokan untuk mempermudah impor susu masuk ke Indonesia. Hal itu agar program unggulan pemerintahan baru, Prabowo Subianto Gibran Rakabuming Raka, bisa berjalan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan perihal tersebut saat menjawab permintaan Menteri Perdagangan Inggris Greg Hands nan berambisi agar persoalan pendaftaran produk susu dan turunannya di Indonesia bisa diatasi.

"Indonesia tengah melakukan deregulasi nan menekankan sistem lebih mudah untuk pendaftaran produk susu dan turunannya," tulis Kemenko Perekonomian dalam keterangan resmi, Selasa (30/4).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hubungan dekat kedua negara ditandai dengan kesepakatan komite berbareng ekonomi dan perdagangan (Joint Economic and Trade Commission-JETCO) nan saat ini berkolaborasi dalam 3 sektor golongan kerja.

Airlangga berambisi JETCO segera menghasilkan hasil-hasil nan konkret antara lain di bagian daya dan ekonomi digital.

Dalam pertemuan tersebut, Airlangga juga menekankan perubahan patokan sekaligus untuk memfasilitasi kebutuhan susu demi menjalankan program Susu Gratis Prabowo-Gibran nan bakal langsung dijalankan pada tahun pertama menjabat sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia.

"Upaya ini untuk mendukung naiknya permintaan produk susu dan turunannya dengan program pemerintah baru, ialah susu cuma-cuma untuk siswa," tulis keterangan tersebut.

Tak lupa Airlangga juga menyampaikan akibat penerapan patokan uji tuntas (due diligence) Inggris bagi produk kelapa sawit Indonesia serta mengharapkan perlakuan patokan nan adil.

Saat ini Indonesia menyuarakan ketidaksetujuan penerapan kebijakan Uni Eropa terhadap produk keberlanjutan. Indonesia dengan Malaysia mengupayakan pengelolaan soal patokan produk keberlanjutan.

Pada pertemuan ini, kedua menteri juga membahas pendapat kerja sama perdagangan bebas, aksesi Indonesia sebagai personil OECD dan kerja sama regional. Indonesia siap membuka perdagangan bebas dengan Inggris.

[Gambas:Video CNN]

(sfr/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com