JAKARTA – Microsoft 365 Copilot sekarang datang dalam Bahasa Indonesia. Hal ini sebagai bentuk komitmen Microsoft untuk mendorong semakin banyak perseorangan dan organisasi di Indonesia agar memanfaatkan kekuatan kepintaran buatan (AI).
Terintegrasi di seluruh aplikasi Microsoft 365 seperti Word, Excel, dan PowerPoint, Microsoft 365 Copilot bisa mempercepat alur kerja, mendukung proses pengambilan keputusan, dan mendorong efektivitas operasional.
“Dengan Microsoft 365 Copilot nan sekarang mendukung Bahasa Indonesia, kami membuka kesempatan baru bagi organisasi untuk mentransformasi langkah kerja, memungkinkan mereka meningkatkan produktivitas, mengembangkan kreativitas, dan mendorong kualitas kerja, dengan perlindungan tingkat enterprise serta praktik AI nan bertanggung jawab,” ujar Ricky Haryadi, Go-To-Market Lead, AI at Work & AI for Cybersecurity Microsoft ASEAN.
Dia menambahkan, Copilot datang untuk membantu dalam segala hal, mulai dari meringkas serta membikin dokumen, hingga melakukan kajian info nan kompleks.
“Semuanya dalam bahasa nan terasa alami bagi pengguna kami di Indonesia. Dengan nyaris 70% dari 500 fortune companies sekarang menggunakan Microsoft 365 Copilot, kami terus menambahkan penemuan baru, mulai dari produktivitas individual hingga transformasi proses bisnis, dengan kapabilitas baru seperti Copilot Actions, Agents, dan Copilot Control System,” katanya.
Memberdayakan Indonesia dengan AI
Pengumuman kehadiran Microsoft 365 Copilot dalam Bahasa Indonesia datang di masa krusial di mana organisasi dengan sigap mengangkat solusi transformasi digital untuk tetap kompetitif.
Tool ini memungkinkan pengintegrasian AI ke dalam aktivitas operasional upaya sehari-hari, sehingga tenaga kerja dapat konsentrasi pada tugas-tugas berbobot tinggi nan mendorong pertumbuhan organisasi. Kemampuan Microsoft 365 Copilot untuk memahami konten dalam Bahasa Indonesia menjadikannya perangkat serbaguna bagi perseorangan dan organisasi di Indonesia.
Sebagai pengguna awal Microsoft 365 Copilot, Telkomsel, misalnya, telah merasakan peningkatan produktivitas nan signifikan sejak mengangkat solusi ini. Dampak signifikan nan didapat antara lain mengurangi waktu nan dihabiskan untuk mengerjakan tugas-tugas repetitif, meningkatkan kualitas kerja, dan memfokuskan sumber daya untuk aktivitas nan lebih strategis. Peningkatan ini telah memberikan faedah nan terukur dalam aspek produktivitas operasional dan customer engagement.
Di bagian seperti Pemasaran, Keuangan, dan Manajemen Solusi Bisnis, tim Telkomsel mulai memanfaatkan Microsoft 365 Copilot untuk meningkatkan kecepatan dan kualitas dalam aktivitas operasi mereka sehari-hari, serta mencapai hasil optimal.
Tim pemasaran, misalnya, menggunakan Microsoft 365 Copilot untuk menyederhanakan program-program pemasaran, channel management, dan pembuatan kampanye, serta meningkatkan lead generation. Ada sejumlah peningkatan krusial nan tercatat, seperti pengurangan waktu nan dihabiskan untuk merekap perincian rapat–dari 2 jam per rapat menjadi 30 menit–dan pembuatan presentasi nan semakin berbobot berkah penghematan waktu tersebut. Microsoft 365 Copilot secara signifikan juga telah meningkatkan kualitas output untuk pembuatan konfigurasi persona dengan merangkum 3.000 percakapan nan biasanya menyantap waktu pemrosesan hingga 2 hari menjadi hitungan menit.
Di sisi lain, tim Manajemen Solusi Bisnis dapat memperoleh wawasan tentang perkembangan industri hanya dalam waktu 10 menit, dari nan tadinya 2 hari; dan menganalisis sentimen pengguna dalam waktu 2 hari, dari nan tadinya 1 minggu. Waktu pemecahan masalah untuk system logs sekarang juga cukup menyantap 30 menit, dari nan dulunya 3 jam. Data-data ini mencerminkan penghematan waktu nan sangat signifikan.
Sementara itu, tim finansial bisa menciptakan pengarsipan nan lebih perincian – dengan 5 justifikasi dan arsip pemrosesan tambahan. Mereka juga bisa menyusun arsip teknis lainnya 3 kali lebih cepat. Wawasan nan sukses diambil dari arsip pendukung pun menjadi 30% lebih komprehensif dibandingkan sebelumnya. Pencapaian-pencapaian ini sejalan dengan Proyeksi Dampak Ekonomi Total dari Microsoft 365 Copilot nan diterbitkan oleh Forrester.
“Microsoft 365 Copilot telah memberikan akibat transformasional bagi operasi kami sehari-hari,” ujar Wira Manuara, Vice President IT Corporate Solutions dan Cloud CoE Telkomsel.
“Microsoft 365 Copilot memungkinkan tim kami untuk konsentrasi pada inisiatif strategis nan mendorong pertumbuhan upaya dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penggunaan Microsoft 365 Copilot dalam Bahasa Indonesia bakal membuatnya lebih mudah diakses dan semakin efektif bagi tim kami.”
Mendorong Adopsi AI di Seluruh Indonesia
Ketersediaan Microsoft 365 Copilot dalam Bahasa Indonesia bermaksud untuk mempercepat pengadopsian AI di beragam sektor di Indonesia, memberdayakan lebih banyak organisasi untuk menyederhanakan operasi mereka, dan mendukung proses pengambilan keputusan. Baik untuk menyusun proposal anggaran alias melakukan kajian pasar, keahlian Microsoft 365 Copilot berbasis AI bakal membikin tugas nan kompleks menjadi lebih sederhana dan lebih mudah diakses oleh para profesional, dengan Bahasa Indonesia.
Sejak diperkenalkan untuk pertama kalinya pada 1 November 2023, Copilot telah menghadirkan lebih dari 300 pembaruan, termasuk nan disampaikan pada pengumuman gelombang kedua Microsoft 365 Copilot dan Microsoft Ignite 2024. Hasilnya, respons Copilot rata-rata sudah lebih dari dua kali lebih cepat, dan kepuasan pengguna meningkat nyaris tiga kali lipat. Dan ini baru permulaan.
“Visi kami dengan Microsoft Copilot adalah memungkinkan upaya di Indonesia untuk lebih produktif dan inovatif, dengan menyediakan tool nan mereka butuhkan untuk berkembang di lanskap digital nan serba cepat,” kata Ricky.
“Dengan keahlian Bahasa Indonesia di Microsoft 365 Copilot, kami berambisi dapat memandang lebih banyak lagi organisasi di Indonesia memanfaatkan potensi penuh dari AI secara aman. Ini sejalan dengan misi kami untuk memberdayakan Indonesia untuk mencapai lebih banyak hal.”