Luhut: Istirahatlah Faisal Basri, Kritik Anda yang Benar Kami Perbaiki

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi rumah duka ahli ekonomi senior Faisal Basri di Komplek Gudang Peluru, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (5/9).

Luhut bercerita dirinya mempunyai kenangan nan cukup banyak dengan Faisal. Meski kerap berbeda pandangan di satu dan lain hal, dia tetap menganggap Faisal sebagai kawan dan saling menghormati satu sama lain.

"Banyak kritik beliau juga saya dengarkan. Saya exercise, saya bicara sama tim agar kita pelajari, jangan kita merasa bahwa kita betul sendiri," tutur Luhut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Luhut mengaku terkejut mendengar berita wafatnya Faisal Basri. Ia pun menyampaikan selamat jalan kepada sang ahli ekonomi senior INDEF itu.

"Saya sampaikan selamat jalan Pak Faisal Basri dan istirahatlah dengan tenang. Kami tetap meneruskan banyak pekerjaan-pekerjaan nan Anda kritik, nan menurut saya juga ada nan betul dan kita juga bakal perbaiki," imbuh dia lebih lanjut.

Luhut menilai sosok kritis seperti Faisal adalah sosok nan krusial dan diperlukan bagi pemerintahan.

"Tidak ada nan salah itu saya kira," ujar dia.

Dalam kesempatan nan sama, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara juga menyebut Indonesia kehilangan pengamat ekonomi nan luar biasa. Ia mengenang Faisal sebagai dosennya saat dia kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI).

"Beliau itu masuk ke kelas dengan style nan sangat santai, bawa kopi, lampau kemudian ngajar kita, dan memberikan banyak sekali insight mengenai ekonomi bumi dan juga ekonomi Indonesia. Saya sendiri juga mengikuti jejak beliau," kata Suahasil.

Ia mengatakan Faisal menjadi salah satu pengamat ekonomi nan sangat kritis dan memberikan banyak perspektif nan menjadi masukan bagi pengambil kebijakan di pemerintahan.

"Kita kehilangan, kita turut bersungkawa cita, duka cita mendalam. Saya duka cita mendalam sebagai mahasiswa beliau, sebagai kolega, kolega pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, dan juga sebagai saat ini ketika sedang menjadi Wakil Menteri Keuangan juga kehilangan lantaran kehilangan bunyi pengamat satu lagi nan sangat kita perhatikan, bunyi beliau," imbuhnya.

Faisal Basri meninggal bumi sekitar pukul 03.50 WIB di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta, pada Kamis (5/9) hari ini. Ia sempat dirawat di rumah sakit nan sama sejak awal pekan ini lantaran penyakit jantung.

Rencananya, Faisal bakal dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan, pada Kamis sore.

[Gambas:Video CNN]

(del/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com