Long Weekend, 627.000 Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek

Sedang Trending 4 hari yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi 627.463 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada periode libur panjang alias long weekend Maulid Nabi Muhammad SAW sejak Jumat (13/9) hingga Senin (16/9).

Total volume lampau lintas nan meninggalkan wilayah Jabotabek ini diprediksi naik 7,3 persen jika dibandingkan lalin normal ialah 584.650 kendaraan.

"Angka tersebut merupakan nomor kumulatif arus lampau lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, ialah GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung)," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana di Jakarta, Sabtu, dikutip dari Antara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Prediksi pengedaran lampau lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah ialah kebanyakan sebanyak 276.369 kendaraan (44 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 194.612 kendaraan (31 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 156.482 kendaraan (25 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

Lisye menjelaskan Jasa Marga memprediksi puncak kendaraan meninggalkan Jabotabek bakal terjadi pada hari Sabtu ini dengan jumlah lalin sebesar 183.963 kendaraan alias naik 10,4 persen dibandingkan lalin normal.

Ia pun menegaskan Jasa Marga memastikan kesiapan jasa operasi jalan tol Jasa Marga Group melangkah dengan optimal.

"Terutama di ruas jalan tol nan berpotensi menjadi lokasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang di antaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk ke arah Trans Jawa dan Bandung serta Jalan Tol Jagorawi untuk nan menuju arah Puncak dan sekitarnya," ujarnya.

Jasa Marga juga bakal memastikan fungsi peralatan tol di gardu serta menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapabilitas transaksi di gerbang tol utama.

Tidak hanya di gerbang tol, potensi terjadinya kepadatan di lajur pun diantisipasi dengan penempatan petugas di titik-titik rawan kepadatan untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur serta mengatur lampau lintas.

"Jasa Marga juga siap mendukung rekayasa lampau lintas atas diskresi Kepolisian, seperti contraflow, dengan menempatkan petugas dan rambu-rambu pendukung. Kami juga memastikan jasa preservasi/pemeliharaan secara rutin melangkah optimal untuk menjaga kualitas jalan tol Jasa Marga Group dalam kondisi baik, termasuk menangani potensi gangguan kondisi jalan tol, khususnya ketika terjadi curah hujan tinggi, secara sigap dan tepat," kata Lisye.

Ia menambahkan, untuk jasa di tempat rehat atau rest area, Jasa Marga menjaga akomodasi umum seperti toilet dan musala beraksi dengan baik dan optimal.

Selain itu, Jasa Marga berkoordinasi dengan polisi jika dibutuhkan diskresi untuk melakukan buka tutup rest area dengan memandang kapabilitas parkir nan tersedia.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan memastikan kendaraan dan kondisi pengendara dalam keadaan prima. Pastikan juga kecukupan BBM dan saldo duit elektronik. Gunakan rest area untuk beristirahat jika capek berkendara serta mematuhi rambu-rambu dan pengarahan petugas.

(tim/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com