Layanan IndiHome Down Hari Ini 10 Oktober 2024, Warganet Ramai Mengeluh di X

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Layanan IndiHome mengalami gangguan pada Kamis (10/10/2024) siang. Banyak pengguna mengeluhkan masalah hubungan internet, dan keluhan tersebut membanjiri platform media sosial X (dulu Twitter).

Salah satu pengguna IndiHome, Aditto, mengungkapkan kekesalannya dalam pesan singkat, "semua nan berbau Telkom not connected nih di rumah gue," tulisnya di pesan singkat kepada tim Tekno Liputan6.com.

Berdasarkan pantauan di Downdetector, IndiHome down mulai terjadi sekitar pukul 12.48 dengan 38 laporan dari pengguna.

Sebanyak 95 persen keluhkan mengenai tidak bisanya akses internet, sementara sisanya melaporkan tidak bisa membuka situs web.

Banyak warganet nan meluapkan kekesalannya via platform X, di mana rata-rata dari mereka mengaku tak bisa mengakses internet.

Berbagai cuitan berisi keluh kesah warganet dengan layanan Indihome down pun ramai di X, berikut adalah rangkumannya.

"Hi @IndiHomeCare @IndiHome, internet meninggal se indo apa gmn ya? Please jangan saranin restart device & cek kabel krn udah dilakuin 5x juga tetap gak bisa diakses internetnya," cuit @i*** di medsos X.

Akun @p**** mencuitkan, "tiba2 meninggal @IndiHomeCare @IndiHome, cek twitter taunya ramean yg meninggal jg, dari kemarin masuk notif blm bayar terus padahal tetap tgl 10, ah aroma bau pindah provider lah jika begini."

Akun @VirApriliaaa di X menulis, "Iya nih, sentul matiii. Kaum WFH menangiiiss 😭😭😭.

"Emang paling bener kalo ada cs Indihome kerumah mintain kontaknya 😂😂, lebih ngebantu daripada admin² abnormal ini," cuit @w****.

"Indihome lagi ada gangguan apa gimana sih? Lagi kerja tiba2 no internet, tolong maintenancenya dipercepat kalo emang lagi ada gangguan," tutur @a**** di medsos milik Elon Musk tersebut.

Hingga buletin ini dipublish, tim Tekno Liputan6.com sedang berupaya untuk mengontak tim Telkomsel mengenai jasa IndiHome error. Diketahui, gangguan ini sudah mulai berangsur normal.

Ini Tujuan Utama Telkomsel Fokus Kembangkan Ekosistem Convergence

Di luar mobile broadband, Telkomsel tengah konsentrasi mengembangkan bisnis fixed broadband melalui jasa IndiHome dengan memperbesar ekosistem convergence.  

VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, menjelaskan selama 29 tahun beroperasi, Telkomsel telah mengantongi 159 juta pelanggan mobile broadband dan mempunyai 265 ribu unit BTS, dengan jangkauan mencapai 97% wilayah Indonesia.

“Saat ini kami telah mempunyai 159 juta pengguna mobile, di mana 265 ribu BTS nan kami operasikan telah menjangkau 97% wilayah Indonesia,” kata Saki di aktivitas Media Gathering Nasional 2024, Rabu (7/8/2024) di Telkomsel Smart Office, Jakarta. 

Di tengah matangnya bisnis mobile broadband Telkomsel, melalui jasa IndiHome, perusahaan sekarang telah melayani 9,1 juta pelanggan fixed broadband.

Dalam kesempatan nan sama, Endra Diputra selaku VP Corporate Strategy, Innovation, Sustainability and Marketing Telkomsel, menjelaskan bahwa dari total 72 juta rumah tangga, penetrasi fixed broadband baru mencapai 12-17%. 

“Potensi ini nan bakal dimaksimalkan Telkomsel sebagai konsentrasi bisnisnya pada ekosistem convergence. Kalau bisnis mobile sudah sangat prime, tetapi fixed masih belum. Ini nan mau kami coba kerjakan di tahun-tahun nan bakal datang,” ujar Endra.

Telkomsel Fokus Kembangkan Ekosistem Convergence

Ia memaparkan, tujuan Telkomsel untuk konsentrasi mengembangkan ekosistem convergence yang terdiri dari layanan mobile broadband, fixed broadband, dan Fixed Wireless Access (FWA), semata-mata adalah untuk konsumen.

“52% konsumen mengatakan lebih menyukai layanan convergence, di mana fixed dan mobile menjadi satu, baik dari sisi layanan hingga pembayarannya,” ucap Endra menambahkan. 

Ia memaparkan, jika sebuah perusahaan operator hanya mengerjakan bisnis mobile broadband, maka growth-nya cuma mencapai 2,6% sampai  3%.

Tapi ketika mereka menggabungkannya menjadi satu dengan layanan fixed broadband, bisnisnya bisa tumbuh hingga belasan kali lipat. 

“Telkomsel merasa ada di tempat nan paling tepat untuk mengerjakan convergence guna membentuk ekosistem digital yang matang di Indonesia,” Endra memungkaskan. 

Telkomsel Dukung Kebijakan Kominfo Batasi Transfer Pulsa untuk Perangi Judi Online

Di sisi lain, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengumumkan kebijakan baru, dengan membatasi transfer pulsa hingga Rp 1 juta per hari.

Adapun Kemenkominfo mengambil kebijakan ini untuk mengatasi penyalahgunaan pulsa nan sering kali digunakan sebagai transaksi dalam judi online.

Menanggapi kebijakan ini, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, menyatakan support penuh Telkomsel terhadap inisiatif pemerintah tersebut.

"Telkomsel senantiasa berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah untuk menyehatkan industri telekomunikasi serta menciptakan ruang digital aman dan bertanggung jawab, termasuk upaya memberantas aktivitas terlarangan seperti gambling online," ujarnya lewat pesan singkat ke tim Liputan6.com, Sabtu (3/8/2024).

Pengunjung memandang produk instalasi Pengelolahan air dalam arena Indo Water 2024 Expo & Forum ke-18, Indo Waste and Recycling 2024 Expo & Forum ke-14, dan Indo Renergy dan Electric 2024 Expo & Forum ke-14 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/9/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi