Komik Literasi Kipin Ajak Masyarakat Ciptakan Rumah Rapi dan Lingkungan Bersih ‘tuk Tingkatkan Kesehatan Keluarga dan Diri Sendiri

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
Ilustrasi debu di rumah (Sumber : Pexels / Photo by Ron Lach)

Sikap hati-hati dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan terawat kebutuhan tiap individu. Kebutuhan bakal perihal ini sejatinya menjadi nilai nan kudu ditanamkan sejak dini. Menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat adalah suatu corak kecintaan terhadap diri sendiri dan orang lain. Dengan perilaku tersebut, maka tidak hanya diri sendiri nan mendapat faedah bagi kesehatan dan kenyamanan, melainkan juga keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, dengan lingkungan nan asri, bersih, dan sehat, resiko terkena beragam macam penyakit juga bakal terhindar.

Ilustasi seorang gadis remaja nan sedang membersihkan debu (Sumber : Pexels.com / Monstera Production)

Dikutip dari Halodoc.com (2022) andaikan seseorang sering sering mendapat paparan debu dan polusi, bakal mendapat resiko terkena pneumoconiosis lantaran endapan kotoran nan berada di paru-paru. Pneumoconiosis itu sendiri merupakan penyakit paru-paru nan disebabkan oleh paparan debu dan unsur kimia. Melalui pemaparan tersebut, maka setiap perseorangan kudu lebih waspada, berhati-hati, dan menjaga diri dari kotoran, debu, dan polusi. Hal ini bisa dimulai dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan menggunakan masker saat berada di lingkungan dengan banyak debu dan polusi. 

Pendidikan.id merupakan platform nan menyediakan beragam konten pembelajaran berbasis digital. Salah satu konten nan diproduksi oleh Pendidikan.id dalam aplikasi Kipin School 4.0 adalah referensi literasi berupa komik. Melalui komik literasi, Pendidikan.id menyajikan informasi, pengetahuan pengetahuan, dan nilai moral nan tersaji dalam corak cerita dan ilustrasi. Bukan hanya komik, Pendidikan.id juga mempersembahkan kitab dan video pembelajaran nan mendukung aktivitas belajar mengajar di sekolah. 

Komik literasi Pendidikan.id nan berjudul “Jauhkan Debu dari Rumahmu!” menceritakan tentang aktivitas Lola berbareng Ibunya setiap hari di rumah. Saat hari tetap pagi, Lona bangun dan merapikan tempat tidur. Kemudian membantu ibu membersihkan rumah. Ibu meminta Lona menyapu dan mengepel lantai, sedangkan ibu membereskan barang-barang nan berantakan. Lona bertanya apakah ibunya tidak capek membersihkan rumah setiap hari. Memang capek, namun ibunya menjelaskan beragam faedah nan dirasakan jika rumah bersih dan rapi setiap hari.

Halaman depan komik Literasi “Jauhkan Debu dari Rumahmu!”

Komik “Jauhkan Debu dari Rumahmu!” memberikan info kepada anak-anak tentang faedah rumah nan bersih. Rumah nan rapi dan bersih bakal membikin kita nyaman untuk tinggal di dalamnya. Selain itu, rumah bersih juga membikin kita sehat, lantaran tidak ada kuman dan debu nan bertebaran. Komik ini sekaligus membujuk anak-anak agar rutin membersihkan rumah, sehingga tercipta hidup sehat di masyarakat.

Temukan 500+ koleksi komik literasi Kipin lainnya! Download sekarang di https://kipin.id/download.htm
Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website  : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

Sumber pendidikan.id
pendidikan.id