Kementerian Kominfo: X Bandel Izinkan Konten Dewasa, Siap Kena Blokir

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - X nan sebelumnya dikenal dengan nama Twitter diketahui telah menetapkan patokan baru nan memungkinkan pengguna mengunggah alias memandang konten dewasa di platform mereka.

Aturan ini pun bisa ditemukan di laman Pusat Bantuan X mengenai Konten Dewasa sejak Mei 2024. Menanggapi perihal tersebut, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan mengatakan pihaknya bakal langsung melakukan kajian terhadap perihal ini.

"Ini kita langsung kaji. Ini mungkin kami surati dengan segera," tuturnya saat ditemui di Kantor Kementerian Kominfo di Jakarta, Jumat (14/6/2024). Lebih lanjut, dia menuturkan apalagi bukan tidak mungkin, Kominfo bisa memblokir setelah mempelajari soal ketentuan tersebut.

Menurut Semuel, perihal ini dilakukan lantaran memang konten pornografi dilarang di Indonesia. Dan dalam perihal ini, Kementerian Kominfo menjalankan patokan tersebut.

"Kalau memang itu menjadi kebijakan mereka, ya kudu siap-siap untuk hengkang. Ini kami jalankan aturan, pemerintah kan wajib menjalankan aturan," ujarnya lebih lanjut.

Untuk itu, dia menuturkan, andaikan memang X tidak bisa mematuhi patokan di Indonesia, tidak tertutup kemungkinan X bakal diblokir. Sekadar informasi, konten dewasa memang sudah banyak beredar jauh sebelum Elon Musk membeli Twitter pada 2022.

Kendati demikian, pada saat itu, perusahaan belum memutuskan kebijakan tersebut secara resmi. Baru sekarang, X  nan dipimpin Elon Musk meresmikan kebijakan soal pemberian label di setiap unggahan nan menampilkan konten berbau seksual.

Disebutkan dalam laman resminya, pengguna dapat membuat, mendistribusikan, dan mengakses konten bertema seksual selama konten tersebut dibuat dan didistribusikan atas dasar kesepakatan Bersama.

"Ekspresi seksual, baik secara visual maupun tertulis, dapat menjadi corak ekspresi nan sah," tulis X lebih lanjut. Adapun konten dewasa nan dimaksud bertindak untuk konten buatan AI, fotografi, alias animasi.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi