Kalah dari Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Erick Thohir Tetap Puas dengan Kinerja Timnas Indonesia

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku tetap puas dengan keahlian Timnas Indonesia U-23 terlepas dari kegagalan mereka tembus ke babak final Piala Asia U-23 2024.

Seperti diketahui, skuad Garuda Muda sebelumnya ditaklukkan oleh Uzbekistan dalam partai empat besar AFC Asian Cup U-23 nan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin (29/4/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia U-23 takluk 0-2 di tangan Serigala Putih Muda dan dipaksa bermain dengan 10 penggawa jelang memasuki menit-menit akhir waktu normal lantaran kaptennya Rizky Ridho diganjar kartu merah.

Situasi ini membikin tiket Olimpiade 2024 nan diidam-idamkan Merah Putih kembali tertunda lantaran Garuda Muda tetap kudu menghadapi perlawanan Irak dalam duel perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 pada Kamis (2/5/2024) mendatang.

Kemenangan di laga tersebut bakal membikin Timnas Indonesia U-23 langsung memperoleh tiket menuju panggung multievent terakbar dunia. Sebaliknya jika kalah, Garuda Muda kudu kembali berjuang lewat jalur play-off antarkonfederasi melawan Guinea.

Berita Video, Erick Thohir berikan semangat kepada para pemain Timnas Indonesia U-23 setelah telan kekalahan di semifinal Piala Asia U-23 pada Senin (29/4/2024)

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Tanggapan Ketum PSSI soal Kekalahan dari Uzbekistan

Terlepas dari tetap beratnya jalan nan kudu ditempuh untuk mengamankan tiket Olimpiade Paris, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku tetap mengapresiasi kiprah Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 sejauh ini.

Malahan, laki-laki nan merangkap sebagai Menteri BUMN itu puas dengan performa anak-anak asuh Shin Tae-yong dan menilai mereka sudah memainkan peran krusial dalam menyatukan masyarakat Indonesia.

"Saya menjadi saksi bahwa para pemain punya semangat tinggi untuk menang dan menembus final. Namun, Uzbekistan tim nan tangguh. Saya puas dengan timnas dan bangga lantaran sepak bola telah menyatukan Indonesia," ucap Ketum PSSI Erick Thohir, seperti dilansir dari Antara.

"Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, para ofisial, dan pendukung Indonesia nan datang langsung (di Qatar) maupun nan menonton dari Tanah Air," sambungnya selepas kekalahan dari Uzbekistan.

Perjuangan Timnas Indonesia U-23 Belum Berakhir

Sementara itu di kesempatan terpisah, Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga menegaskan perjuangan Timnas Indonesia U-23 belum berakhir.

Dalam video percakapannya dengan skuad Garuda Muda di ruang tukar pasca pertandingan, mantan pemilik Inter Milan itu mendorong anak-anak asuh Shin Tae-yong untuk melanjutkan perjuangan jelang laga perebutan tempat ketiga melawan Irak.

"Dalam sepak bola, kita belum sukses mengalahkan Uzbekistan, namun kita menang dalam kebersamaan. Dan kemenangan ini tidak ternilai harganya," tulis Ketum PSSI dalam unggahan di akun Instagram-nya.

"Kita semua bakal terus bekerja keras kembali agar bisa meraih posisi ke-3 dan bisa tampil di Olimpiade. Masih ada kesempatan untuk Garuda Mendunia," tandasnya.

Jadwal Final dan Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Perebutan Juara 3

Irak U-23 vs Timnas Indonesia U-23

Kamis, 2 Mei 2024

22.30 WIB

Stadion Abdullah bin Khalifa

Final

Jepang U-23 vs Uzbekistan U-23

Jumat, 3 Mei 2024

22.30 WIB

Stadion Jassim Bin Hamad

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga