Jepang Catat Rekor Baru, Kecepatan Internet Tembus 402 Terabit per Second

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok peneliti di Jepang telah sukses memecahkan rekor dalam perihal kecepatan internet di dunia. Terobosan ini dipelopori oleh para peneliti di bawah Photonic Network Laboratory dari National Institute of Information and Communication Technology (NICT) Jepang.

Mengutip Tech Times, Rabu (2/7/2024), tim peneliti Jepang ini menggunakan kabel fiber optik nan tersedia secara komersial dan konektivitasnya mencapai tingkat transmisi info 402 terabit per detik (Tbps).

Kecepatan ini sekitar 1,6 juta kali lebih sigap daripada kecepatan broadband rata-rata di Amerika Serikat. Sekadar informasi, pada Mei 2024, kecepatan internet rata-rata di Amerika Serikat adalah 248,27 Mbps untuk kecepatan unduh dan 34,23 Mbps untuk unggah.

Tingkat info 402 Tbps nan dicapai peneliti Jepang sangatlah cepat. Kecepatan ini memungkinan pengunduhan sekitar 12.500 movie dalam satu detik dan lebih dari tiga kali lipat untuk mengunduh semua pustaka movie di Netflix.

"Teknologi nan baru dikembangkan ini diharapkan bisa memberikan kontribusi nan signifikan untuk memperluas kapabilitas komunikasi dan prasarana komunikasi optik lantaran tingginya permintaan jasa internet di masa depan," kata NICT.

Untuk mencapai kecepatan  internet tersebut, para peneliti membangun sistem menggunakan semua pita transmisi fiber optik standar dan menerapkan beragam teknologi amplifikasi.

Menurut NICT, metode baru ini digunakan untuk mengakses pita panjang gelombang nan sebelumnya tak dipakai. Hal ini kemungkinan bisa menjadi krusial untuk jaringan telekomunikasi di masa depan.

Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika berbareng ASIOTI memperkenalkan solusi berbasis IoT dan menjelaskan ekosistem IoT di Indonesia serta potensi pasar nan ada kepada undangan dan visitor Expo 2020 Dubai, Berikut ini laporannya bersa...

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Bisa Bantu Penuhi Kebutuhan Kecepatan Internet di Masa Depan

NICT menyoroti bahwa teknologi inovatif ini diharapkan bisa signifikan meningkatkan kapabilitas komunikasi prasarana optik dan memenuhi peningkatan permintaan untuk jasa info di masa depan.

Sekadar informasi, meningkatnya permintaan untuk internet dan jasa info memang meningkatkan kebutuhan bakal bandwidth transmisi optik. Teknologi multi-band wavelength division multiplexing (WDM) mendapatkan perhatian dari peneliti untuk dikembangkan lebih lanjut.

Teknologi ini memperluas bandwidth transmisi fiber optik dengan menggunakan spektrum baru. Penggunaan transmisi baru di teknologi fiber nan sudah ada bisa meningkatkan kapabilitas transmisi.

Pendekatan ini menawarkan solusi jangka pendek nan menjanjikan, untuk meningkatkan masa waktu sistem fiber nan ada tanpa meningkatkan biaya pemasangan prasarana fiber baru.

Pengalaman Internet di Indonesia

Sementara itu di Indonesia, perusahaan analitik Opensignal merilis laporan pengalaman jaringan seluler di Indonesia per Juni 2024. Opensignal mengkaji pengalaman dari lima operator seluler utama di Indonesia ialah Indosat, XL, Smartfren, Telkomsel, dan Tri.

Pengkajian dilakukan 90 hari mulai 1 Februari 2024 dan berhujung pada 30 April 2024. Opensignal juga menyertakan pengukuran 5G untuk menentukan skor keseluruhan di tiap kategori.

Keandalan

Mengutip laporan Opensignal, Minggu (23/6/2024), Tri menjadi pemenang dalam perihal pengalaman keandalan di Indonesia. Pengalaman keandalan mengukur keahlian pengguna untuk terhubung dan sukses menyelesaikan tugas-tugas dasar di jaringan operator tersebut.

Tri, operator nan sekarang di bawah naungan Indosat Ooredoo Hutchison ini meraih skor 863 poin dari skala maksimal 1000 poin dalam perihal keandalan jaringan. Selain Tri, Indosat ada di urutan kedua dengan sembilan poin di belakang Tri.

Kecepatan

Telkomsel di sisi lain mempertahankan prestasinya di bagian kecepatan jaringan. Telkomsel didaulat menjadi pemenang tunggal dari pengalaman kecepatan unduh dan pengalaman kecepatan unggah.

Skor masing-masing adalah 25,5 Mbps (unduh) dan 10 Mbps (unggah). Pengguna Opensignal di jaringan Indosat dan Tri merasakan peningkatan dalam kecepatan unduhan rata-rata ialah 1 Mbps.

Meski begitu, semua jaringan seluler Indonesia mengalami penurunan dalam perihal pengalaman internet kecepatan unggah, dibandingkan pada laporan sebelumnya.

Pengalaman video dan game

Tri tiga kali berturut-turut andal dalam pengalaman video dan pengalaman game dari operator pesaingnya. Pada laporan sebelumnya, Telkomsel dan XL meraih penghargaan pengalaman video dan pengalaman game.

Kali ini, Tri mengungguli pemenang sebelumnya di kedua kategori. Bukan hanya itu, Tri mempertahankan pengalaman terbaik di aplikasi suara. Dengan begitu, Tri menjadi pemenang tunggal dari tiga pengalaman Opensignal ialah Pengalaman Video, Game, dan Aplikasi Suara.

Namun, pengguna Opensignal di jaringan Telkomsel mendapat pengalaman video seluler dan gaming terbaik di pulau Jawa, lantaran Telkomsel memenangkan sebagian besar penghargaan pengalaman video dan game di seluruh provinsi di Jawa.

Pengalaman Cakupan

Telkomsel memimpin untuk Pengalaman Cakupan, pasalnya operator ini jadi satu-satunya pemenang penghargaan Pengalaman Cakupan dengan 8,59 poin pada skala 10 poin, memenangkannya selama tiga kali berturut-turut.

Telkomsel unggul jauh diatas Indosat dan Tri nan menempati posisi kedua dengan skor nan sama di 4,91 poin.

Kualitas KonsistenIndosat tetap tak terkalahkan dalam Kualitas Konsisten, dalam perihal ini Indosat membawa pulang penghargaan Kualitas Konsisten untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, menjadi satu-satunya pemenang penghargaan ini di Indonesia sejak Opensignal memperkenalkannya dalam laporan Pengalaman Jaringan Seluler.

Indosat mengalahkan Tri dengan selisih dua poin persentase. Kecuali Smartfren, semua operator Indonesia telah mengalami peningkatan skor Kualitas Konsisten sejak laporan sebelumnya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi