Jadi Kado Hari Buruh, Tetangga RI Naikkan Gaji PNS 13 Persen

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Kamis, 02 Mei 2024 15:06 WIB

Malaysia bakal meningkatkan penghasilan PNS lebih dari 13 persen mulai Desember 2024. Kenaikan penghasilan diumumkan saat peringatan hari buruh. Malaysia bakal meningkatkan penghasilan PNS lebih dari 13 persen mulai Desember 2024. Kenaikan penghasilan diumumkan saat peringatan hari buruh. (Foto: iStock/Nalidsa Sukprasert)

Jakarta, CNN Indonesia --

Malaysia akan menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) lebih dari 13 persen mulai Desember 2024.

Rencana kenaikan penghasilan PNS ini diumumkan Perdana Menteri Anwar Ibrahim dalam sebuah aktivitas untuk memperingati Hari Buruh, Rabu (1/5).

"Pemerintah mengalokasikan 10 miliar ringgit alias US$2,10 miliar untuk kebijakan ini," kata Anwar dikutip Reuters. Jumlah itu setara Rp34 triliun (asumsi kurs Rp16.199 per dolar AS).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pemerintah sedang menyelesaikan rencana untuk memastikan PNS mendapat penghasilan bulanan minimal lebih dari 2.000 ringgit (Rp6,8 juta)," tambahnya.

Wacana naik penghasilan ini muncul di tengah lemahnya mata duit ringgit, serta rencana reformasi subsidi.

Anwar sebelumnya berjanji bakal memotong subsidi dan meningkatkan pajak tahun ini, serta mengucurkan kembali support finansial kepada masyarakat nan membutuhkan.

Para analis telah menandai akibat inflasi dan kenaikan nilai bahan bakar akibat rencana pemangkasan subsidi tersebut, di tengah penurunan ekspor dan pertumbuhan nan moderat.

Pemerintah dan bank sentral Malaysia memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada 2024 di kisaran 4 persen hingga 5 persen alias naik dari 2023, nan sebesar 3,7 persen.

Sementara, mata duit ringgit melemah hingga 3,9 persen terhadap dolar AS pada tahun ini, setelah jatuh ke level terendah dalam 26 tahun terakhir pada Februari lalu.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com