Indosat Manfaatkan AI untuk Maksimalkan Layanan Telko via Digital Intelligence Operations Center

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison memanfaatkan kepintaran buatan namalain AI ke tingkat lanjut melalui diresmikannya Digital Intelligence Operations Center namalain DIOC.

Fasilitas ini menandai komitmen perusahaan menggunakan kecerdasan buatan namalain AI dalam memberikan jasa lebih baik kepada lebih dari 100 juta pelanggannya di Indonesia.

Pusat operasi berbasis AI ini merupakan hasil kerja sama antara Indosat dengan Huawei. DIOC diresmikan oleh Presdir sekaligus CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha berbareng jejeran dan Presiden Huawei Asia Pasific Region Simon Lim beserta jejeran pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Dengan pusat operasi nan berbasis AI ini, Indosat berupaya menyediakan wawasan real-time dan manajemen jasa nan proaktif, dengan menggabungkan keandalan kegunaan Network Operation Center dan Service Operations Center.

Presiden Direktur dan CEO IOH Vikram Sinha mengatakan, hadirnya Digital Intelligence Operations Center menandai babak baru Indosat mewujudkan ambisi untuk jadi perusahaan tekno berbasis AI.

"Melalui DIOC, Indosat tidak hanya meningkatkan keahlian jaringan, tetapi juga merevolusi pelayanan pelanggan. Selain itu, integrasi teknologi canggih dan pengembangan talenta menjadi kombinasi dalam menetapkan standar baru keahlian jaringan dan kepuasan pelanggan," kata Vikram.

Ia melanjutkan, kerjasama ini menjadi kunci mewujudkan misi dalam menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia melalui konektivitas digital.

Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia tentu tak bisa dilepaskan dari keterlibatan pihak nan tepat. Indosat Ooredoo Hutchison pun menggandeng perusahaan industri teknologi asal Tiongkok, Huawei, untuk mengembangkan penemuan berbasis kepintaran buatan ...

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Hadirkan Real-Time Insight untuk Dukung Kinerja Jaringan

Dengan adanya real-time network insight nan dihasilkan DIOC, Indosat bisa beranjak dari penyelesaian masalah reaktif ke manajemen jasa proaktif dengan info waktu nyata. Pada gilirannya perihal ini bakal mengoptimalkan keahlian jaringan.

Selain memberi insight real-time, DIOC juga menghasilkan end-to-end service manajemen, termasuk kinerja, pengalaman aplikasi dan kualitas jasa nan bisa mempercepat penyelesaian masalah pelanggan.

DIOC juga bisa mengintegrasikan kajian info dan teknologi untuk mendukung data-driven innovation berkelanjutan. Hal ini memungkinkan Indosat untuk mengembangkan produk dan jasa baru nan berfokus pada pelanggan.

Kolaborasi dengan Huawei

Dengan kerjasama berbareng Huawei melalui pusat jasa dan operasi terkelola, Indosat melakukan konsolidasi jaringan berfokus pada pengalaman dan secara signifikan meningkatkan kualitas jaringan serta pengalaman pengguna.

Berdasarkan pengetesan independen pihak ketiga, terjadi peningkatan substansial Indosat di wilayah perdesaan, perkotaan, dan pinggiran kota.

Adapun kecepatan unduh meningkat signifikan, sebesar 44,1 persen dibandingkan periode nan sama tahun lampau di perdesaan. Sementara, di perkotaan meningkat 43,5 persen dibanding periode nan sama tahun lalu, serta 43,9 persen dibanding periode nan sama tahun sebelumnya.

Hal ini berkontribusi pada kepuasan pengguna dan keahlian jaringan lebih tinggi. Cakupan populasinya juga meningkat hingga 12,7 juta penduduk.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Tim Cook selaku CEO Apple tiba untuk menghadiri konvensi tahunan Allen & Co Sun Valley di Sun Valley, Idaho pada 9 Juli 2024. (KEVORK DJANSEZIAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi