Indosat Gelar SheHacks 2024, Ajak Perempuan Manfaatkan Teknologi Digital

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison atau Indosat menggelar SheHacks 2024. Program yang digelar Indosat bersama dengan Kumpul.ID ini hadir sebagai salah satu cara Indosat untuk mendukung perempuan dalam technopreneurship.

Pasalnya bagi Indosat, pemberdayaan perempuan merupakan salah satu programme prioritas dan jadi bagian dari misi Indosat untuk memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia.

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan, pemberdayaan perempuan SheHacks 2024 diwujudkan dengan meningkatkan kapasitas ekonomi melalui pemanfaatan teknologi digital.

"Melalui SheHacks, kami ingin memberikan dampak lebih besar untuk perempuan di bidang technopreneurship. Kami optimistis, kepemimpinan perempuan memegang peran penting dalam memperkuat kesetaraan integer untuk berkarya di kancah internasional," kata Vikram, dikutip dari keterangan resmi Indosat, Minggu (28/4/2024).

Adapun SheHacks 2024 memiliki dua program. Pertama adalah SheHacks Ideation Lab. Ini merupakan level khusus untuk peserta pemula dan UMKM yang nantinya akan mendapatkan mentoring individual online dengan orang yang berpengalaman di bidangnya.

Tujuan programme ini untuk mengasah kemampuan para pelaku usaha melalui kegiatan seperti pitching battle dan programme akselerator.

Pertumbuhan ekonomi integer Indonesia tentu tak bisa dilepaskan dari keterlibatan pihak yang tepat. Indosat Ooredoo Hutchison pun menggandeng perusahaan industri teknologi asal Tiongkok, Huawei, untuk mengembangkan inovasi berbasis kecerdasan buatan ...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pemberdayaan Startup

Program kedua adalah SheHacks for Startup. Pada programme kedua ini, Indosat akan berkolaborasi dengan ekosistem startup lokal di tiga kota berbeda, yakni Batam, Malang, dan Bali.

Dalam programme ini juga akan diisi dengan serangkaian sesi shop offline di lima kota, yakni Medan, Pekanbaru, Palangkaraya, Likupang, dan Sumbawa.

Agenda ini bertujuan mendukung perempuan mengembangkan bisnis berkelanjutan yang inovatif, dan peserta terpilih akan mengikuti programme mentoring intensif.

Apresiasi Pemerintah

Nantinya, lima startups terpilih akan mendapatkan International Validation Trip berupa perjalanan ke Australia untuk melihat secara langsung ekosistem bisnis world seperti korporasi internasional, modal ventura, fintech, e-commerce, agritech, healthtech, biotechnology, dan cleantech.

Kehadiran programme SheHacks 2024 ini pun mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Meneg PPPA Bintang Puspayoga menyebutkan, "SheHacks 2024 dapat menjadi wadah untuk membina generasi perempuan di masa depan yang lebih unggul dan setara dengan laki-laki, dan bisa berkontribusi dalam pertumbuhan perekonomian integer di Indonesia."

Cara Daftar SheHacks 2024

Perempuan pelaku wirausaha dan startup yang ingin ikut serta dalam SheHacks 2024 dapat ikut serta secara individu ataupun kelompok dengan maksimal tiga anggota.

Mereka bisa mengirimkan connection berupa ide atau prototipe produk yang dapat meningkatkan kesetaraan dan peran perempuan. Baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, dan lingkungan dengan memanfaatkan teknologi.

Pengiriman bisa dilakukan melalui shehacks.id mulai 31 Maret hingga 31 Mei 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berdiskusi bersama mantan Perdana Menteri Inggris yang juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi