Hasil Piala Uber 2024: Gagal Taklukkan Jepang, Indonesia ke Perempat Final Sebagai Runner-up Grup C

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pasukan bulu tangkis putri Indonesia kudu puas menyandang predikat sebagai runner-up Grup C Piala Uber 2024 usai kandas menaklukkan Jepang dalam laga pemungkas perebutan juara grup.

Tampil di Chengdu High-tech Zone Sports Centre Gymansium, China, pada Rabu (1/5/2024) pagi hingga siang WIB, Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan dipaksa mengakui kelebihan pasukan dari negeri sakura dengan skor akhir 2-3

Hasil ini sejatinya tak mempengaruhi kiprah tim bulu tangkis putri Indonesia di babak selanjutnya karena mereka sudah dipastikan lolos ke perempat final usai memetik kemenangan atas Hong Kong dan Uganda.

Hanya saja, status runner-up grup C membikin srikandi Merah Putih kudu bersaing dengan juara grup lain di babak delapan besar, demi memperebutkan tiket menuju semifinal.

Menilik jalannya laga Indonesia vs Jepang, skuad bulu tangkis putri Tanah Air sejatinya memulai persaingan dengan cukup baik. Gregoria Mariska Tunjung menyumbang nomor pertama usai menang dahsyat atas Jagoan Jepang, Akane Yamaguchi.

Pebulu tangkis berumur 24 tahun sempat tersandung dengan 17-21 di game pertama. Namun, dia sukses bangkit untuk mengunci kemenangan 21-17 dan 21-13 pada dua set selanjutnya.

Kemenangan ini sekaligus menjadi arena pembalasan Gregoria setelah takluk dramatis dari musuh nan sama dalam perhelatan All England beberapa waktu lalu. Capaiannya juga sekaligus membuka asa bagi Merah Putih untuk berhasil atas skuad badminton Jepang.

"Saat masuk ke lapangan, saya sudah tidak memikirkan kejadian di All England, saya sudah melupakannya. Semoga dengan kemenangan ini, membikin teman-teman nan lain punya motivasi dan semangat semakin bertambah," tutur Gregoria selepas menyumbang nomor pertama bagi Indonesia.

Sebuah kejadian terjadi saat Gregoria Mariska berkompetensi di rubber game perempat final All England 2024 (15/3/2024). Seorang penonton terekam menyalakan flash menjelang penghujung laga. Protes Gregoria dianulir wasit hingga membuatnya menangis usai tersi...

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Lanny/Fadia dan Ester Takluk Tipis

Sayangnya, jejak kesuksesan Gregoria kandas diikuti oleh dobel putri pertama Indonesia nan diwakili oleh Lanny Tria Mayasari/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Mereka sempat memaksa laga bersambung ke set penentu usai menang di game kedua, tetapi pada akhirnya kudu takluk di tangan pasangan Jepang Nami Matsuyama/Chiharu Shida dengan 9-21, 22-20, dan 16-21.

Nasib serupa juga dialami Ester Nurumi Tri Wardoyo nan turun di partai ketiga duel kontra negeri sakura. Meski tampil begitu gemilang dalam set pembuka, adik tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo menyerah dengan skor tipis 21-14, 20-22, dan 18-21 dari Aya Ohori.

Situasi tersebut praktis membikin Indonesia mau tak mau kudu menang di partai keempat demi menjaga kesempatan mengalahkan Jepang di duel perebutan status juara grup.

Ganda Putri Kedua Kalah, Komang Ayu Beri Angka Hiburan

Malang, misi menyumbang poin kedua bagi Indonesia kandas ditunaikan oleh dobel putri Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari nan berhadapan dengan Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto.

Mereka kalah dua game langsung dengan selisih skor relatif jauh, 9-21 dan 15-21. Hasil ini membikin partai tunggal putri terakhir tak lagi punya daya untuk memengaruhi kemenangan Jepang atas Indonesia.

Walau begitu, Komang Ayu Cahya Dewi tetap sukses memberi nomor intermezo lewat kemenangan 21-12, 14-21, dan 21-13 atas Tomoka Miyazaki, nan mengantar Merah Putih mengakhiri laga dengan kekalahan 2-3.

Rekap Hasil Piala Uber 2024 Indonesia Vs Jepang

Tunggal Putri 1: Gregoria Mariska Tunjung vs Akane Yamaguchi; 17-21, 21-17, 21-13

Ganda Putri 1: Lanny Tria Mayasari/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Nami Matsuyama/Chiharu Shida; 9-21, 22-20, 16-21

Tunggal Putri 2: Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Aya Ohori; 21-14, 20-22, 18-21

Ganda Putri 2: Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose vs Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto; 9-21, 15-21

Tunggal Putri 3: Komang Ayu Cahya Dewi vs Tomoka Miyazaki; 21-12, 14-21, 21-13

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga