Hasil Piala Thomas 2024: Fajar/Rian Tersandung, Indonesia Tetap Hajar Thailand

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Tim putra bulu tangkis Indonesia berhasil menghajar Thailand dalam laga kedua grup C Piala Thomas 2024 yang dihelat di Chengdu High-tech Zone Sports Center Gymnasium, China, pada Senin (29/4/2024) siang WIB.

Pasukan Merah Putih yang diwakili Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Jonatan Christie, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, serta Chico Aura Dwi Wardoyo unggul 4-1 atas tim asal negeri Gajah Putih.

Adalah Fajar/Rian yang jadi satu-satunya wakil gagal dalam pertarungan kali ini. Mereka tersandung dari pasangan Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul usai melakoni duel sengit tiga game 19-21, 21-14, dan 11-21.

Menilik jalannya pertandingan dari partai pembuka, Anthony Ginting sempat coba dikejutkan oleh tim putra Thailand. Mereka tak menurunkan jagoannya Kunlavut Vitidsarn, tetapi memilih menempatkan Panitchaphon Teeraratsakul sebagai pesaing tunggal putra Merah Putih.

Beruntung, Ginting tetap mampu menyudahi laga dengan kemenangan. Meski semula hanya berencana mempersiapkan diri menghadapi Kunlavut, pebulu tangkis kelahiran 1996 pada akhirnya ikut mempelajari permainan wakil Thailand lain, sehingga mengantar dia berhasil menyumbang angka pertama lewat keunggulan 21-16, 21-13.

"Memang awalnya saya mempersiapkan diri untuk melawan Kunlavut (Vitidsarn), tetapi ada pikiran untuk tidak terpaku dengan dia terus, karena tim Thailand pasti punya strategi," ucap Ginting dalam pernyataannya selepas laga Thomas Cup 2024.

"Akhirnya, saya juga mempelajari permainan (wakil tunggal putra Thailand) yang lain. Lalu ketika susunan pemain sudah keluar, setidaknya saya sudah ada gambaran di lapangan akan seperti apa," tambahnya dikutip dari akun X resmi PBSI.

Anthony Sinisuka Ginting buka laga Semifinal Thomas Cup 2022 melawan Kento Momota. Ginting berhasil menang 3-2 dair Momota sehingga membawa Indonesia ke final.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Fajar/Rian Dipaksa Akui Keunggulan Lawan

Sayangnya, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal meneruskan tren kemenangan Ginting di partai kedua. Mereka malah dipaksa mengakui keunggulan lawannya setelah takluk lewat play rubber game, 19-21, 21-14, serta 11-21.

Dup mantan peringkat 1 dunia itupun tak menampik Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul memang bermain bagus di laga kedua grup C melawan Indonesia. Pasangan Thailand juga dinilai sedang ada dalam tren positif dan punya kemampuan teknis mumpuni, sehingga mengantar mereka unggul di lapangan.

"Kami akui pasangan Thailand bermain sangat baik. Mereka sedang dalam tren yang meningkat dan mempunyai kombinasi yang bagus," ucap Fajar Alfian selepas duel.

"Pemain depannya (ganda putra Thailand) adalah playmaker dengan bola-bola depan yang halus, sementara satunya (tandemnya) memiliki power yang sangat kuat," sambung rekan Muhammad Rian Ardianto.

Bangkit Lewat Jojo, Leo/Daniel, dan Chico

Dengan kedudukan imbang 1-1, Jonatan Christie turun di partai ketiga untuk menghadapi duel sengit melawan Saran Jamsri. Wakil Thailand berhasil kembali memaksa penggawa Merah Putih terlibat dalam pertarungan panjang tiga game.

Beruntung, Jonatan Christie berhasil mengunci kemenangan atas tunggal putra asal Negeri Gajah Putih. Pemai juara Badminton Asia Championship 2024 itu berjaya dengan skor akhir 21-16, 13-21, dan 21-12.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin lantas menyusul untuk memastikan kemenangan Indonesia atas Thailand. The Babies menyudahi perlawanan lewat straight game 21-13, 21-10, yang diikuti dengan kemenangan 21-10, 21-11 Chico Aura Dwi Wardoyo tas Nachakorn Pusri di partai pemungkas.

Hasil Lengkap Piala Thomas 2024 Indonesia vs Thailand

Tunggal 1: Anthony Sinisuka Ginting vs Panitchaphon Teeraratsakul; 21-16, 21-13.

Ganda 1: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul ; 19-21, 21-14, 11-21

Tunggal 2: Jonatan Christie vs Saran Jamsri; 21-16, 13-21, 21-12

Ganda 2: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Sirawit Sothon/Natthapat Trinkajee; 21-13, 21-10

Tunggal 3: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Nachakorn Pusri; 21-10, 21-11

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga