Hasil BRI Liga 1: Dihajar Persija, PSIS Gagal Rebut Tiket Championship Series dari Madura United

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta PSIS Semarang kandas merebut tiket Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Kepastian ini didapat usai Laskar Mahesa Jenar kalah 1-2 dari Persija Jakarta dalam duel pekan terakhir nan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (30/4/2024) sore WIB.

PSIS justru kudu rela melorot ke ranking 6 klasemen akhir BRI Liga 1 menyusul kegagalannya mengamankan poin. Sementara itu, tiket terakhir championship series resmi menjadi milik Madura United nan finis di posisi 4 besar dengan perolehan 55 nomor dari 34 laga setelah ditahan seri Arema FC di pekan ke-34.

Menilik jalannya duel, Persija Jakarta dan PSIS Semarang kesulitan membongkar lini pertahanan masing-masing di awal babak pertama. Tak ada ancaman terlalu rawan nan bisa dibuat hingga laga melangkah lebih dari 20 menit.

Macan Kemayoran sempat mendapat kesempatan bagus ketika Boubakary Diarra melakukan pelanggaran terhadap Hanif Sjahbandi jelang cooling break. Persija Jakarta diberi bingkisan tendangan bebas dari jarak ideal, tetapi bola nan diarahkan ke gawang tim tamu langsung bisa ditepis oleh kiper Rizky Darmawan.

PSIS Semarang pun coba balas menebar ancaman lewat tindakan Gali Freitas pada menit 36. Ia melepaskan tendangan on target ke jaring kawalan Cahya Supriadi. Namun, tindakan itu langsung diamankan oleh penjaga gawang tuan rumah.

Tak ada gebrakan signifikan nan dibuat kedua tim jelang memasuki pengujung waktu normal babak pertama. Tambahan lama sekitar 4 menit saat injury time kandas dimanfaatkan, sehingga skor 0-0 memperkuat sampai turun minum.

Berita video highlights pertandingan BRI Liga 1 pekan ke-31 antara Persija Jakarta melawan PSIS Semarang, Kamis (16/3/23). Pertandingan dimenangkan oleh Persija Jakarta dengan skor 1-0.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Babak Kedua Persija Jakarta Vs PSIS Semarang

Persija Jakarta lanjut menebar ancaman serius di babak kedua melawan PSIS Semarang. Peluang kembali didapat lewat skenario tendangan bebas dari jarak dekat, tetapi kiper tim tamu lagi-lagi menunaikan tugasnya dengan baik untuk mencegah terjadinya gol.

Kebuntuan akhirnya terpecah pada menit 64. PSIS Semarang lebih dulu membuka kelebihan usai Fredyan Wahyu melepas shooting dengan kaki kiri nan memanfaatkan crossing Riyan Ardiansyah. Skor berubah menjadi 1-0.

Sayangnya, kegembiraan PSIS tak memperkuat lama. Baru tiga menit berselang, Persija Jakarta sudah sukses menyamakan kedudukan lantaran header Marko Simic kandas diantisipasi oleh Rizky Darmawan.

Macan Kemayoran pun tampil makin perkasa setelah sukses mengejar ketertinggalan dari tim tamu. Di menit 73, anak-anak asuh Thomas Doll menggandakan torehan skornya lewat direct free kick Maciej Gajos nan bersarang di perspektif kiri jaring PSIS Semarang.

Tak ada gol baru nan tercipta di sisa waktu normal babak kedua hingga injury time. Skor 2-1 untuk kelebihan Persija Jakarta atas PSIS Semarang memperkuat sampai bubaran.

Madura United Segel Tiket Championship Series

Adapun di tempat berbeda, duel Madura United melawan Arema FC juga diawali dengan kebuntuan. Duo kesebelasan sama-sama susah membongkar lini pertahanan masing-masing untuk mencetak gol di paruh pertama.

Laskar Sape Kerrab sempat coba menakut-nakuti pada menit ke-18 ketika Dalberto melepas tendangan jarak jauh nan langsung menyasar jaring Arema. Keuntungan bagi tim tamu lantaran bola kirimannya tetap melebar dari tiang gawang.

Tak ada perubahan nan ditunjukkan kedua tim di sisa waktu babak pertama. Skor seri tanpa gol mau tak mau memperkuat sampai turun minum.

Di babak kedua, Madura United dan Arema FC pun belum sukses keluar dari kebuntuan. Pertandingan bergulir hingga menit 60 dengan tidak adanya satu pun gol pun tercipta.

Nestapa justru menghampiri Laskar Sape Kerrab di menit 73. Novan Sasongko diganjar kartu merah oleh wasit nan membikin dia terpaksa meninggalkan lapangan lebih dulu. Arema FC nan sudah unggul jumlah pemain kandas memanfaatkan untung tersebut.

Duel berhujung seri 0-0 di pekan terakhir Regular Series BRI Liga 1, nan memastikan Madura United jadi pemilik tiket keempat championship series musim ini.

Dewa United Finis di Urutan 5

Sementara itu, Dewa United nan sebelumnya mempunyai sedikit kesempatan tersisa untuk melaju ke championship series juga dipastikan kandas tembus ke empat besar berkah hasil seri di laga Madura United vs Arema FC.

Tangsel Warrior semula bertengger di urutan 6 klasemen BRI Liga 1 dengan selisih 3 poin dari Madura United di urutan 4. Praktis, tim nan bermarkas di Indomilk Arena kudu memenuhi sejumlah syarat berat untuk membikin keajaiban.

Pertama, Madura United wajib kalah di pekan terakhir. PSIS Semarang juga perlu menelan hasil minor alias setidaknya bermain seri di laga pemungkas. Selanjutnya, Dewa United kudu menang namalain merup tiga poin dengan selisih gol akhir di atas Madura United serta PSIS andaikan Laskar Mahesa Jenar mencetak hasil seri.

Sayangnya, dengan capaian seri Laskar Sape Kerrab di laga kontra Arema, syarat-syarat tersebut otomastis kandas dipenuhi. Dewa United berhujung sebagai penunggu ranking 5 tabel BRI Liga 1 dengan perolehan 54 poin usai menang 2-1 atas Borneo FC di pekan 34.

Klasemen Akhir BRI Liga 1 2023/2024

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga