Google Luncurkan Fitur Keamanan Baru Android, Maling Bakal Ketar-Ketir

Sedang Trending 13 jam yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Google diketahui telah mulai merilis fitur keamanan Android untuk melindungi perangkat pengguna dari pencurian. Adapun fitur tersebut adalah Theft Detection Lock, Offline Device Lock, dan Remote Lock.

Mengutip info dari Engadget, Minggu (6/10/2024), fitur baru Android ini bermaksud untuk memberikan pengguna langkah sigap mengunci perangkat mereka, andaikan perangkat tersebut dicuri. Jadi, pencuri tidak bisa mengakses info di dalamnya.

Kehadiran fitur baru ini dilaporkan sejumlah pengguna di media sosial. Menurut laporan, fitur ini sudah menyambangi beberapa model HP Android seperti Xiaomi 14T Pro, serta beberapa model Google Pixel.

Kendati demikian, ada kemungkinan Google baru menggulirkannya secara terbatas. Karenanya, belum semua pengguna HP Android bisa mengaktifkan fitur ini.

Dijelaskan Google, Theft Detection Lock merupakan fitur nan membantu pengguna ketika tindakan kejahatan terjadi. Fitur ini memanfaatkan AI untuk mendeteksi andaikan perangkat dirasa tiba-tiba beranjak tangan.

Sebagai contoh, ketika pengguna sedang melangkah dan seseorang mengambil ponsel secara tiba-tiba, fitur ini dapat mendeteksinya. Kemudian, HP Android tersebut bakal otomatis mengunci perangkat, sehingga pencuri tidak dapat membukanya.

Sementara untuk fitur Offline Device Lock, ponsel bakal secara otomatasi mengunci layar setelah pencuri nan mengambilnya memutuskan sambungan internet.

Terakhir, ada fitur Remote Lock. Seperti namanya, fitur serupa sebenarnya sudah tersedia lewat fitur Google Find My Device, tapi Remote Lock menawarkan opsi berbeda.

Dengan fitur anti-maling ini, pengguna tidak perlu memasukkan akun Google mereka untuk melakukan penguncian jarak jauh. Mereka cukup memakai nomor telepon nan ada di ponsel dan menjawab pertanyaan nan hanya diketahui pengguna untuk mengunci perangkat.

Seluruh fitur baru ini disebut bakal datang untuk perangkat nan menjalankan Android 10 ke atas. Kehadiran fitur ini pun disebut bakal memperkuat keamanan perangkat Android.

Eksklusif, Android 15 Punya Fitur Baru PDF Viewer di Files by Google

Di sisi lain, Google memiliki banyak aplikasi nan terhubung, apalagi ponsel Android terbaik saat ini mendapatkan faedah dari hubungan ini. Salah satu contohnya adalah pengelolaan file PDF nan sering kita gunakan.

Walau Anda mengunduh aplikasi pembaca alias penyunting PDF khusus, untuk kebutuhan sesekali, aplikasi Files by Google yang merupakan file manager default di ponsel Pixel sudah cukup membantu.

Namun, saat ini aplikasi Files hanya berfaedah sebagai perantara nan mengarahkan pengelolaan PDF ke aplikasi Google Drive, nan dilengkapi dengan perangkat baca dan edit nan lengkap.

Dikutip dari Andoid Police, Senin (30/9/2024), apalagi Browser Chrome nan digunakan oleh miliaran orang juga berjuntai pada Drive untuk menangani PDF. Tanpa Drive, aplikasi Files hanya bisa membaca PDF secara dasar, tanpa keahlian lebih selain menggulir dokumen.

Perubahan Besar di Android 15

Kabar baiknya, perubahan besar sedang terjadi. Tipster Google @AssembleDebug melaporkan kepada Android Authority bahwa ada fitur tersembunyi di jenis beta terbaru (1.4955.677425801.0-release) dari aplikasi Files.

Fitur ini memungkinkan aplikasi Files mengelola PDF secara mandiri, tanpa support dari Drive.

Namun, fitur baru ini hanya tersedia di Android 15. Alat penyuntingan PDF nan disematkan pada aplikasi Files meliputi keahlian buat zoom, memilih teks, mencari kata dalam dokumen, sampai membuka file PDF nan dilindungi kata sandi.

Fitur-fitur tersebut tidak bisa diaktifkan di Android 14, makanya ini bakal menjadi fitur eksklusif di Android 15.

Kemampuan ini tampaknya mengenai dengan pembaruan API PDFRenderer di Android 15. Harapannya, dengan hadirnya pembaruan ini, lebih banyak aplikasi lain juga bisa lepas dari ketergantungan pada Google Drive untuk mengelola PDF.

Google Tunda Peluncuran Android 15 hingga Oktober 2024, Ada Apa?

Di sisi lain, sempat beredar rumor Google bakal meluncurkan update Android 15 pada bulan depan. Namun, recana tersebut kudu ditunda lantaran OS baru ini tetap belum sepenuhnya stabil.

Lalu, kapan Android 15 dirilis ke perangkat Pixel? Mengutip Android Authority, Selasa (27/8/2024), perusahaan berencana untuk mengulirkan pembaruan Android 15 pada Oktober 2024.

Perusahaan berbasis di Mountain View ini biasanya merilis pembaruan Android berbarengan dengan tersedianya source code OS ke publik.

Namun, perlu diingat agenda peluncuran ini bisa saja berubah sewaktu-waktu jika Google menemukan bug nan signifikan alias jika OS Android tersebut tetap dianggap belum stabil untuk digunakan secara luas.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Pengunjung memandang produk instalasi Pengelolahan air dalam arena Indo Water 2024 Expo & Forum ke-18, Indo Waste and Recycling 2024 Expo & Forum ke-14, dan Indo Renergy dan Electric 2024 Expo & Forum ke-14 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/9/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi