Good Bye Jebakan Badman Customer Service Palsu! Begini Langkah Jitu Antisipasinya

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Modus penipuan siber nan mengatasnamakan Customer Service (CS) tetap kerap terjadi. Pelaku penipuan berupaya memanfaatkan ketidaktahuan sebagian masyarakat untuk mendapatkan info pribadi apalagi mengakses info mereka secara tidak sah.

Memang, keberadaan CS tiruan seringkali susah dideteksi lantaran mungkin mereka menggunakan nomor kontak nan mirip dengan jasa resmi alias berpura-pura sebagai bagian dari lembaga finansial nan terpercaya. 

Dengan beragam trik manipulatif dan retorika persuasif, para pelaku modus pun berupaya korbannya agar memberikan info rahasia seperti nomor PIN. Nah, agar pengguna DANA tidak terkena Jebakan Badman dengan modus nan mengaku-ngaku sebagai Customer Care DANA, Anda bisa ikuti langkah jitu ini, ya!

Selalu Monitor 

Pertama nan perlu Anda lakukan adalah selalu perhatikan jika ada nan menghubungimu dan mengaku-ngaku sebagai Customer Service DANA. So, selalu waspada gerak-gerik mereka dan selalu waspada agar tidak masuk ke dalam perangkap penipuan, ya.

Yang perlu Anda ingat kembali, DANA sudah tidak lagi mempunyai Customer Service via WhatsApp. Selain itu, DANA hanya melayani keluhan dan kejuaraan via DIANA, email help@dana.id, call center DANA 1500 445, serta sosial media resmi DANA Indonesia. Jadi jika ada nan mengaku sebagai Customer Care DANA di WhatsApp, jangan percaya ya.

Selalu Konfirmasi 

Langkah kedua nan kudu Anda lakukan lakukan adalah melakukan konfirmasi  di DANA Protection nan ada di aplikasi DANA. Di sini, Anda bisa cek nomor, link, alias akun sosial media tiruan nan mengatasnamakan DANA.

Selain itu, Anda bisa mengecek lagi apakah nan menghubungi Anda itu betul Customer Service DANA alias bukan. Pasalnya, Customer Service DANA tidak pernah menghubungi pengguna DANA terlebih dulu tanpa adanya laporan. Jadi, jika ada Customer Service DANA nan menghubungi tanpa ada laporanmu, berfaedah Customer Service tersebut palsu.

Usahakan Lapor 

Hal ketiga nan kudu Anda lakukan adalah laporkan Customer Care tiruan tersebut. Kamu bisa melakukannya via DANA Protection ya! Pasalnya di DANA Protection sudah disediakan tombol report nan bakal langsung mengarahkanmu ke Kominfo. 

Selain itu, Anda juga bisa mengirim laporan ke email help@dana.id alias call center DANA 1500 445 dan social media resmi DANA Indonesia.

Dengan begini, Anda tidak hanya sukses melindungi dirimu saja, tapi juga menyelamatkan pengguna DANA lain dari modus penipuan tersebut. Jangan lupa juga untuk block dan report nomor alias social media tiruan tersebut sesegera mungkin.

Tips Lainnya nan Perlu Kamu Ingat

Nah, jika ketiga langkah jitu sebelumnya sudah dilakukan, agar semakin kondusif dan terhindar dari Jebakan Badman modus Customer Care tiruan DANA, Anda pun bisa menjalankan & mengingat tips-tips di bawah ini! 

Pertama, Anda tidak boleh asal klik link alias isi form dari pihak tidak jelas nan mengatasnamakan DANA. Selain itu, jangan pula download dan install aplikasi DANA dari link nan dibagikan grup WhatsApp, Telegram, dan lainnya. 

Lalu, Anda kudu selalu merahasiakan PIN dan kode OTP serta jangan dibagikan ke siapa pun! Dan nan perlu Anda ingat, akun resmi media sosial DANA hanya nan bercentang biru, jangan terkecoh! 

So, itulah langkah jitu dan tips nan perlu Anda ingat agar terhindar dari Jebakan Badman Modus Palsu CS DANA. Langsung saja ikuti langkah jitunya dan amankan transaksi Anda di DANA, ya!

(*)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi