Frenkie De Jong Absen Perkuat Belanda di Euro 2024

Sedang Trending 3 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Belanda mengalami pukulan telak menjelang dimulainya Kejuaraan Eropa 2024 alias Euro 2024. Gelandang Frenkie de Jong dipastikan tidakhadir dari turnamen tersebut akibat cedera. Kabar ini datang pada hari Senin (10/6/2024), hanya beberapa hari sebelum pertandingan pertama Belanda di arena bergengsi ini.

De Jong, nan berumur 27 tahun, mengalami cedera pergelangan kaki kanan saat Barcelona kalah 3-2 dari Real Madrid pada 21 April. Sejak saat itu, dia belum kembali merumput. Cedera ini menambah daftar panjang cedera nan dialami De Jong musim ini, membuatnya tidakhadir di enam pertandingan terakhir Barcelona.

Meskipun cedera, pembimbing Belanda, Ronald Koeman, tetap memasukkan De Jong dalam skuat 26 pemain untuk Euro 2024 nan digelar di Jerman. Harapannya, De Jong bisa pulih tepat waktu dan tampil di turnamen ini.

Namun, angan itu pupus setelah Belanda mengeluarkan pernyataan singkat nan mengonfirmasi bahwa De Jong "kalah berpacu dengan waktu" dan tidak bakal cukup fit untuk ambil bagian dalam turnamen.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Kekecewaan De Jong dan Koeman

Kekecewaan jelas terasa di kubu Belanda. De Jong sendiri menyampaikan perasaannya melalui media sosial, mengatakan, "Saya sedih dan kecewa lantaran saya tidak bisa tampil di Euro. Kami telah melakukan banyak pekerjaan dalam beberapa minggu terakhir, tapi sayangnya pergelangan kaki saya memerlukan lebih banyak waktu. Merupakan mimpi dan kehormatan terbesar untuk mewakili negara kami di turnamen besar, tapi sekarang, seperti seluruh negara, saya bakal mendukung tim kami dari pinggir lapangan."

Pelatih Ronald Koeman juga tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya. Setelah kemenangan 4-0 atas Islandia dalam pertandingan persahabatan, Koeman mengkritik manajemen Barcelona atas penanganan cedera De Jong musim ini. "Mereka mengambil akibat dengan Frenkie dan sekarang kami menanggung konsekuensinya," katanya kepada NOS.

Harus Putar Otak

Absennya De Jong merupakan kehilangan besar bagi tim nasional Belanda. De Jong, nan mempunyai 54 caps untuk negaranya, dikenal sebagai gelandang serba bisa dengan keahlian teknis nan luar biasa dan visi permainan nan tajam. Kehadirannya di lapangan seringkali menjadi kunci permainan Belanda, terutama dalam mengatur serangan dan menjaga keseimbangan tim.

Kini, Koeman kudu memutar otak untuk mencari pengganti nan tepat. Meski Belanda mempunyai sejumlah pemain berbakat di lini tengah, menemukan sosok nan bisa menggantikan peran vital De Jong bukanlah tugas mudah. Pilihan nan ada antara lain Ryan Gravenberch dari Bayern Munich alias Teun Koopmeiners dari Atalanta, namun mereka kudu bisa menunjukkan performa nan konsisten dan bisa mengisi kekosongan nan ditinggalkan De Jong.

Belanda bakal memulai perjalanan mereka di Euro 2024 dengan menghadapi Polandia pada 16 Juni. Pertandingan ini bakal menjadi ujian pertama bagi tim didikan Koeman tanpa De Jong. Selanjutnya, Belanda bakal berjumpa dengan Prancis dan Austria di babak penyisihan grup.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga