Dong Nguyen Buka Suara: Tidak Terlibat dalam Rilis Ulang Flappy Bird

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Internet digemparkan oleh berita game legendaris Flappy Bird bakal kembali dirilis pada tahun depan. Game pernah menjadi kejadian dunia ini rupanya tidak bakal diluncurkan oleh sang kreator, Dong Nguyen, melainkan oleh The Flappy Bird Foundation.

Banyak gamer menyambut ceria berita ini, tetapi ada jjuga nan mempertanyakan kenapa Dong Nguyen tidak terlibat dalam proyek ini.

Melalui akun media sosial (medsos) X miliknya, kreator Flappy Bird akhirnya angkat bicara setelah nyaris 7 tahun tidakhadir dari bumi maya.

"Tidak, saya tidak ada hubungannya dengan game mereka. Saya tidak menjual apa pun. Saya juga tidak mendukung kripto," tulis Dong Nguyen dalam postingan di X, Senin (16/9/2024).

Cuitan ini memperjelas, Nguyen sama sekali tidak terlibat dalam kembalinya game tersebut. The Flappy Bird Foundation sendiri menyatakan telah mengakuisisi kewenangan cipta dari Gametech Holding, LLC, nan sebelumnya sukses memenangkan sengketa merek jual beli Flappy Bird.

“Gametech mengusulkan gugatan mengenai merek jual beli Flappy Bird pada tahun 2023, setelah nyaris satu dasawarsa game tersebut dihapus dari toko aplikasi oleh Dong Nguyen,” ujar akun Samperson di X, sebagaimana dilansir The Verge.

Kantor Paten dan Merek Dagang AS akhirnya memutuskan untuk mengakhir klaim atas kewenangan jual beli game ini pada Januari 2024, membuka jalan bagi The Flappy Bird Foundation untuk melanjutkan proyek ini tanpa keterlibatan pembuat aslinya.

Setelah viral di media sosial mengenai curhatan seorang karyawati nan diduga mengalami kekerasan dan pemanfaatan oleh atasannya di sebuah studio game dan animasi di Jalan Sumenep No. 23, Menteng, Jakarta Pusat, letak tersebut sekarang tampak sunyi dari a...

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Menghadirkan Nostalgia dengan Sentuhan Modern

Ubergizmo.com

Meski Dong Nguyen tidak ikut terlibat, Flappy Bird Foundation berencana untuk menghadirkan nostalgia nan dirasakan pemain di tahun 2014, dengan beberapa peningkatan baru.

Dalam trailer pengumumannya, mereka membahas fitur-fitur baru nan dihadirkan serta mengungkap kekecewaan mereka lantaran game ini menghilang secara tiba-tiba.

"Kami bakal menghidupkan kembali Flappy Bird dengan lebih banyak fitur dan inovasi. Tahun 2025, Flappy Bird bakal terbang lagi," tulis pernyataan resmi mereka.

Namun, ada komponen nan cukup kontroversial: berita bahwa game ini bakal memasuki ranah web 3.0 dengan support teknologi blockchain dan kripto.

Halaman tersembunyi di situs web Flappy Bird nan diungkap oleh peneliti keamanan siber Varun Biniwale menunjukkan kemungkinan integrasi dengan platform Solana dan membujuk pemain untuk “membangun, membuat, bermain, dan mempertaruhkan kepemilikannya.”

Untuk saat ini, Flappy Bird dijadwalkan rilis pada 2025 dan bakal tersedia di platform iOS dan Android. Apakah game ini bisa mengembalikan popularitasnya seperti dulu, alias integrasi dengan mata uang digital bakal mempengaruhi kesuksesannya?

Flappy Bird Bangkit Lagi dari Kubur

Flappy Bird kembali bagkit dari kubur! Para fans game mobile fenomenal tahun 2013, Flappy Bird, punya argumen untuk merayakan kembalinya gim tersebut.

Mengutip The Verge, Jumat (13/9/2024), tim bernama The Flappy Bird Foundation Group telah mendapatkan kewenangan atas game ini dan berecana untuk merilis ulang game tersebut di Android dan iOS pada tahun 2025.

Dalam cuitan dari akun resmi Flappy Bird di media sosial X, game ini mengumumkan kembalinya dengan semangat. "Saya kembali! Satu dasawarsa lalu, saya menjadi perbincangan di kota dan mencapai tingkatan baru berbareng 100 juta kawan saya."

"Sedihnya, saya kudu meninggalkan ketenaran dan sorotan untuk pulang ke rumah dan mencari tahu siapa saya sebenarnya," tulis cuitan di akun X Flappy Bird.

Akun itu menjelaskan, "terima kasih kepada fans berat Flappy Bird, saya menjadi segar, segar kembali, dan siap untuk terbang kembali."

Apa Fitur Baru di Flappy Bird?

Game platform fenomenal nan memancing emosi, Flappy Bird, bakal kembali datang dalam corak Arcade.

Nguyen sempat menyatakan minatnya untuk meluncurkan kembali game tersebut kala itu, tetapi peraturan App Store melarang penggunaan nama aplikasi sama setelah dihapus menjadi hambatan besar.

Game baru Flappy Bird ini menjanjikan untuk tetap mempertahankan pesona klasik game fenomenal tersebut, sembari memperkenalkan fitur baru nan menarik.

Adapun pembaruan direncanakan termasuk mode permainan baru, karakter baru, dan opsi multiplayer. Berdasarkan info di situs resminya, developer sudah menyiapkan beberapa perihal menarik.

Di game Flappy Bird baru nantinya, pemain bisa bersaing denga 99 pemain lainnya di mode "rivals” alias mencoba tantangan menembak burung melalui ring basket. Ada beberapa karakter baru juga, seperti “Peng” si penguin, dan “Quirky” dengan motif mohawk pelangi. 

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Pelayan robot melayani pengguna di Robot Cafe, Nairobi, Kenya, Kamis, 29 Agustus 2024. (AP Photo/Brian Inganga)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi