Liputan6.com, Jakarta - Dian Gemiano kembali terpilih sebagai Ketua Umum Indonesia Digital Association (IDA) periode 2024-2027. Pemilihan ketua IDA dilakukan di Hotel GranDhika Iskandarsyah dan berjalan secara demokratis.
Dengan pemilihan ini, babak baru organisasi nan berkomitmen dalam mengembangkan industri media dan advertising di Indonesia pun dimulai.
"Dengan penuh kebanggaan, kami mengumumkan bahwa Saudara Dian Gemiano telah terpilih kembali sebagai Ketua Umum IDA untuk periode 2024-2027," ujar Ketua Pemilihan Umum IDA Cahyanto Arie Wibowo, melalui keterangan nan diterima Liputan6.com, Rabu (26/6/2024).
Cahyanto Arie Wibowo menambahkan, "Kami yakin, di bawah kepemimpinan beliau, IDA bakal terus mencapai prestasi nan lebih tinggi."
Sementara itu, dalam sambutannya, Dian Gemiano menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh personil IDA atas kepercayaan nan diberikan untuk memimpin kembali organisasi ini.
Ia berkomitmen untuk terus membawa IDA menuju visi dan misi nan telah dicanangkan dan membujuk seluruh personil untuk bersama-sama mendukung program-program nan bakal datang.
“Tantangan industri media dan periklanan lokal bakal semakin berat dan itu adalah tanggung jawab berbareng seluruh pemangku kepentingan. Saya berambisi seluruh personil IDA dapat memberikan support penuh untuk mewujudkan tujuan-tujuan kita bersama,” kata Dian Gemiano dalam pidato penerimaannya.
Google baru saja merilis Gemini, model kepintaran buatan (AI) terbaru nan menjadi saingan ChatGPT. Meskipun sebelumnya ada laporan tentang penundaan peluncuran, sekarang Gemini sudah tersedia dan dapat digunakan.
* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.
Tiga Langkah nan Dilakukan untuk Menyambut Pemilihan Ketua IDA
Ketua IDA terpilih juga memaparkan tiga langkah awal nan bakal dilakukan menyambut pemilihan kali ini;
1. Pembentukan kepengurusan baru
2. Penyelesaian program nan tetap melangkah sejak periode sebelumnya diantaranya pengusungan platform iklan nusantara dan pendampingan penyelenggaraan Perpres Publisher Right
3. Perumusan inisiatif baru nan berorientasi pada kemandirian upaya setiap anggota; media, agency, dan advertising technology
Panitia Pemilu IDA 2024-2027 juga mengucapkan terima kasih nan sebesar-besarnya kepada seluruh pihak nan telah berperan-serta dalam proses pemilihan ini.
Keberhasilan pemilihan ini adalah bukti nyata dari semangat kerakyatan dan kebersamaan nan ada di tubuh IDA.
Dengan terpilihnya kembali Dian Gemiano, diharapkan IDA bakal semakin maju dan berjaya, terus berkontribusi dalam perkembangan industri media dan advertising di Indonesia, serta memberikan akibat positif bagi seluruh anggotanya.
Industri Media dan Periklanan Digital Dinamis
Ketua Umum IDA Dian Gemiano menuturkan, industri media dan periklanan digital saat ini merupakan industri nan sangat dinamis, terutama pasca pandemi Covid-19.
Ia mengatakan, peningkatan volume traffic tidak selalu berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan iklan. Perubahan kebiasaan konsumen dalam mengonsumsi konten juga turut memengaruhi lanskap industri.
"Oleh karenanya, menjadi krusial bagi IDA sebagai asosiasi untuk berkedudukan dalam mewadahi dan menjembatani para pelaku industri. Dan, ini dimulai dari pemimpin nan bakal menjabat nanti," tutur Dian.
Senada dengan Dian, Ketua Pemilihan Umum IDA Cahyanto Arie Wibowo berambisi dengan pemilihan ini, IDA bisa memilih pemimpin nan dapat menginspirasi, memimpin dengan integritas, dan mendorong kerjasama lebih erat di antara pemangku kepentingan sektor digital.
Untuk diketahui, proses pemilihan ketua IDA 2024 dirancang secara transparan dan partisipatif. Dimulai dengan penyampaian info pemilihan pada seluruh personil pada 15 Mei 2024, dilanjutkan dengan pengajuan kandidat hingga 4 Juni 2024.
Pemilihan Ketua IDA Secara Offline 13 Juni 2024
Puncaknya, pemilihan bakal dilakukan secara offline pada 13 Juni 2024. Kemudian, ketua terpilih bakal diumumkan pada 13-14 Juni 2024. Karenanya, IDA membujuk seluruh anggotanya berperan-serta aktif.
Pemiihan umum ini juga melibatkan partisipasi aktif dari personil IDA nan terdiri dari perusahaan teknologi, media, biro iklan, dan startup yang mempunyai minat serta kontribusi dalam perkembangan ekosistem periklanan digital Indonesia.
Sebagai informasi, IDA didirikan untuk menjadi salah satu payung industri digital, khususnya di bagian media, periklanan, dan pemasaran.
Sejak berdiri, IDA bermaksud meningkatkan kerjasama di antara anggota, memperjuangkan kepentingan bersama, serta mempromosikan penemuan dan pertumbuhan industri periklanan digital.
* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.