Liputan6.com, Jakarta Tantangan dalam menciptakan inklusi finansial di Indonesia tetap besar. Perkembangan dan pemanfaatan dompet digital nan tinggi rupanya turut diikuti dengan maraknya beragam kejahatan siber. Kemunculan pihak-pihak tidak bertanggungjawab sering kali merugikan masyarakat dan mengganggu higienitas ekosistem ekonomi digital.
DANA sebagai bagian dari ekosistem ekonomi digital tidak tinggal diam. Dengan visi membantu menjembatani inklusi finansial di Indonesia, DANA tidak hanya berfokus pada penyediaan produk, tetapi juga berupaya meningkatkan literasi finansial pengguna bakal ancaman kejahatan siber.
Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia mengatakan sejak enam tahun nan lampau datang di Indonesia, komitmen DANA tetap tetap sama. Tiga pendekatan nan terus DANA lakukan adalah peningkatan jasa melalui fitur DANA Protection, mengedukasi pengguna, hingga melakukan kerjasama dengan multipihak dalam ekosistem ekonomi digital.
"Kami berkomitmen untuk menjembatani inklusi finansial dan meningkatkan kesejahteraan finansial masyarakat melalui inovasi-inovasi teknologi. Komitmen ini kami bangun dengan memegang teguh tiga prinsip utama kami, ialah trusted, friendly, accessible. Ketiga prinsip ini senantiasa kami bawa dalam mengembangkan beragam penemuan dan inisiatif DANA, nan bermaksud melayani kebutuhan masyarakat Indonesia," kata Vince Iswara.
Fitur-fitur DANA Protection
Fitur DANA Protection merupakan salah satu fitur keamanan jagoan bagi pengguna. Melalui fitur DANA Protection, pengguna bisa melakukan penemuan awal melalui ‘Scam Checker’. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengecek keabsahan nomor, akun media sosial, nomor rekening bank, hingga tautan nan tidak diketahui oleh pengguna.
Ada pula fitur ‘Aduan Nomor’, nan terhubung langsung dengan AduanNomor.id milik Kominfo, nan berfaedah untuk melacak pemilik nomor tersebut. Melalui langkah ini, pengguna bisa semakin waspada terhadap nomor-nomor nan terindikasi penipuan.
Pengguna pun bisa meningkatkan keamanan akunnya melalui DANA Protection dengan memandang rekomendasi pengaturan keamanan alias ‘Security Suggestions’ nan dianjurkan bagi akun miliknya. Rekomendasi keamanan ini termasuk mengganti PIN secara berkala, mengaktifkan Passkey, menambah pertanyaan keamanan untuk verifikasi, mengaktifkan autentikasi wajah DANA VIZ, sampai izin lokasi.
Sebagai corak komitmen DANA dalam melindungi info dan transaksi pengguna, DANA Protection tetap datang memberikan 100% agunan duit kembali sesuai dengan Syarat dan Ketentuan nan berlaku. Cakupan perlindungan ini meliputi, penggantian saldo jika ada transaksi nan tidak dilakukan oleh pengguna alias pemilik akun dan terjadi hanya dalam 60 hari terakhir. Pengguna cukup melaporkannya melalui asisten virtual DIANA, untuk bisa melakukan klaim DANA Protection.
* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.