Catat, Segera Matikan Fitur ini Biar HP Android Kamu Makin Ngebut!

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berjalannya waktu, performa HP makin menurun setiap tahunnya, bahkan smartphone dengan spesifikasi terbaik sekali pun.

Aplikasi yang makin berat, penyimpanan ponsel yang kian menumpuk, ditambah dengan sistem operasi yang berat menjadi faktor penyebab menurunnya kinerja ponsel.

Menurunnya performa smartphone menjadi pemicu berbagai masalah, seperti lambatnya proses membuka aplikasi. pekerjaan di smartphone yang tidak terselesaikan, crippled yang dijalankan akan terasa lag/patah-patah, dan lain sebagainya.

Masalah-masalah tersebut menyebabkan sebagian besar pengguna akan frustasi hingga mengakibatkan emosi menjadi tak terkendali.

Meskipun reset information pabrik mungkin tampak seperti opsi yang cepat, terdapat solusi yang lebih baik agar performa HP Android kamu terasa seperti baru pertama kali digunakan.

Bagi kamu yang mengalami masalah tersebut, jangan risau. Tekno Liputan6.com akan memberikan tips yang cepat dan mudah untuk mengatasi turunnya performa smartphone kamu. Simak selengkapnya.

Nonaktifkan Animasi di Smartphone

Animasi di sistem operasi Android memainkan peran penting dalam menciptakan pengalaman pengguna yang positif. Fitur tersebut menghadirkan kesan mulus saat berinteraksi dengan ponsel.

Dikutip dari GizChina, Senin (29/4/2024), saaat membuka aplikasi, transisi antar layar, dan bahkan tindakan sederhana seperti membuka paper yang disertai dengan animasi halus yang secara tidak sadar memberikan efek dinamis yang memanjakan mata.

Kendati demikian, animasi tersebut memberikan beban pada kinerja ponsel kamu, terlebih jika HP kamu adalah exemplary keluaran lama yang tidak memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Kekuatan pemrosesan yang rendah atau RAM yang terbatas dapat menyebabkan smartphone kesulitan dalam menampilkan animasi ocular dengan lancar, sehingga menyebabkan lag.

Menonaktifkan fitur animasi menawarkan solusi manjur untuk meningkatkan performa HP kamu. Berikut caranya:

Suka merasa bosan dengan Hp Android kamu? Solusinya jangan langsung dijual. Simak beberapa tips mudah berikut ini, agar Hp Android lama bakal terasa seperti baru lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pastikan Opsi Developer Mode Terbuka

Sebelum menonaktifkan animasi di ponsel, pastikan opsi Developer Mode telah diaktifkan.

Penting untuk diingat, opsi menonaktifkan animasi merupakan pengaturan yang tersembunyi di paper Settings Android.

Kamu perlu melakukan trik tertentu agar opsi Developer Mode terbuka sehingga kamu bisa menonaktifkan animasi yang menyebabkan HP kamu lemot.

Proses untuk mengaktifkan Developer Mode sedikit berbeda tergantung pada versi Android tertentu dan penyesuaian antarmuka pengguna (UI) dari pabrikan ponsel yang kamu pakai. Berikut panduan umum untuk mengaktifkan Developer Mode:

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pergi ke About Phone atau About Device tergantung nama opsi ini di HP kamu.
  3. Pada paper ini, cari explanation Build Number.
  4. Ketuk opsi Build Number beberapa kali secara cepat. Kamu akan diminta memasukkan PIN atau kata sandi layar kunci perangkat untuk alasan keamanan.
  5. Setelah kamu berhasil mengaktifkan Developer Mode, kamu akan dapat mengakses pengaturan utuk menonaktifkan animasi.

Nonaktifkan Animasi di HP Android

Berikut adalah cara untuk menonaktifkan animasi di ponsel Android:

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Gulir kebawah hingga menemukan opsi Developer Mode (Catatan: letak opsi Developer Mode berbeda-beda tergantung merek HP yang kamu pakai.)
  3. Dalam Developer Mode, cari bagian berlabel Drawing atau Animation.

Di bagian Drawing atau Animations, kamu menemukan tiga pengaturan utama yang mengatur animasi yang digunakan oleh perangkat Android:

  • Window Animation Scale: Opsi ini mengontrol kecepatan animasi yang terkait dengan pembukaan, penutupan, dan pengubahan ukuran jendela dan layar aplikasi.
  • Transition Animation Scale: Pilihan ini menentukan kecepatan animasi untuk transisi antara layar dan paper dalam suatu aplikasi.
  • Animator Duration Scale: Opsi ini mengatur durasi keseluruhan semua animasi di HP kamu.

Untuk menonaktifkan animasi sepenuhnya, cukup ketuk masing-masing opsi ini dan pilih opsi Animation disabled.

Selain itu, kamu dapat memilih skala animasi yang rendah, seperti 0,5x, agar animasi di ponsel Android kamu berjalan lebih cepat sekaligus menyeimbangkan antara peningkatan performa dan tingkat ocular tertentu.

Catatan Penting Setelah Nonaktifkan Animasi di HP Android

Perlu dicatat, menonaktifkan animasi akan membuat transisi antar layar atau peluncuran aplikasi terasa sangat cepat, dan mungkin memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan ini.

Tak hanya itu, beberapa pengguna menganggap hilangnya animasi terlihat mengganggu dan lebih memilih pengalaman pengguna yang lebih menarik secara visual, meskipun harus mengorbankan kinerja yang sedikit lebih lambat.

Kendati demikian, potensi peningkatan kinerja dapat terlihat, terutama pada perangkat dengan spesifikasi lama. Saat animasi dinonaktifkan, proses membuka aplikasi akan terasa lebih cepat, multitasking tanpa hambatan, dan peningkatan saat bermain crippled meski tidak terlalu signifikan.

Bagi kamu yang tidak nyaman saat animasi dinonaktifkan, dan lebih memilih untuk mengaktifkan kembali animasi di smartphone kmau, kamu bisa membua pengaturan Animation di paper Developer Mode, lalu atur ketiga pengaturan animasi ke 1.0x.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berdiskusi bersama mantan Perdana Menteri Inggris yang juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi