Liputan6.com, Jakarta - Raksasa kosmetik Korea Selatan, AmorePacific, baru saja meluncurkan lab kecantikan berkekuatan kepintaran buatan (artificial intelligence/AI) nan langsung dibanjiri pelanggan.
Lab ini menawarkan pengalaman unik di mana robot AI dapat mencampur produk kosmetik secara custom dan merekomendasikan warna lipstik sesuai warna kulit.
"Setiap orang mempunyai warna kulit spesifik, namun kebanyakan hanya membeli warna nan umum tersedia di pasaran," ujar Kwon You-jin, pengguna berumur 32 tahun nan mencoba jasa kosmetik pintar ini, dikutip dari Reuters, Senin (15/7/2024).
"Mendapatkan lebih banyak info tentang kulit saya sendiri, dan memandang hasil perbedaannya secara langsung, merupakan pengalaman nan luar biasa," tutur Kwon setelah menerima laporan hasil kajian kulit nan dibuat AI.
Setelah kajian tersebut, robot AI kemudian mencampur foundation nan disesuaikan dengan warna kulit Kwon You-jin.
Tren penggunaan AI di bumi kecantikan sekarang semakin marak. Merek dunia seperti L'Oréal dan Sephora milik grup LVMH juga turut memanfaatkannya untuk menciptakan produk nan lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Berdasarkan prediksi Statista Market Insights, penjualan industri kecantikan global, termasuk kosmetik, mencapai USD 625,6 miliar (sekitar Rp 10 kuadriulin) pada 2023. Angka ini terus meningkat stabil setiap tahunnya sejak penurunan pada 2020 akibat pandemi Covid-19.
* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.