Axioo dan GEAR Computer Resmikan Lab Virtual, Bantu Entaskan Buta Teknologi di Indonesia

Sedang Trending 14 jam yang lalu

Liputan6.com, Kuningan - PT Tera Data Indonusa sebagai pemilik merek laptop Axioo, meresmikan kelas laboratorium komputer Intelligent Desktop Virtualization (IDV) pertama di Indonesia. Lab ini hasil kerjasama dengan PT Indo Mega Vision.

Kelas laboratorium IDV pertama ini datang di SMK Pertiwi, Kuningan, Jawa Barat dengan support Intel Corporation dan deretan perusahaan lainnya.

Selain untuk mendukung pembelajaran komputer, laboratorium ini juga untuk mendukung upaya pemerintah untuk mengentaskan buta teknologi di Indonesia.

Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Timmy Theopelus, mengatakan salah satu argumen nan membikin nomor buta teknologi di Indonesia tinggi adalah terbatasnya kepemilikan komputer dibandingkan di negara lain.

Hal ini tak lepas dari budget terbatas dan tagihan listrik tinggi nan jadi momok bagi banyak sekolah di Indonesia, terutama di wilayah tertinggal.

Oleh karenanya, buta teknologi pun menjadi salah satu tantangan utama nan kudu segera diselesaikan untuk mencapai generasi emas Indonesia di 2045 nanti.

Kehadiran laboratorium IDV di SMK Pertiwi Kuningan jni bermaksud membantu memberikan solusi bagi sekolah-sekolah nan mempunyai keterbatasan biaya dan listrik untuk dapat mempunyai laboratorium komputer dengan spesifikasi nan mumpuni tetapi tetap irit daya.

Sekadar informasi, teknologi Intel Intelligent Desktop Virtualization alias nan disingkat IDV saat ini diterapkan oleh produk dari GEAR Computer ialah GEAR VLab dan Axioo dengan Axioo EzyLinX.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Solusi Terbaik untuk Sekolah

<p>Axioo dan GEAR Computer resmikan lab virtual pertama di Indonesia dengan teknologi IDV untuk atasi buta teknologi dan keterbatasan biaya sekolah. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Bahkan para siswa bisa menggunakan Operations System nan berbeda beda sesuai dengan kebutuhan mereka.

Presiden Direktur PT Indo Mega Vision Sugiyanto Sutikno, mengatakan, “GEAR VLab dan Axioo EzylinX adalah hasil riset bertahun tahun nan kami lakukan berbareng Intel Corporation.

Solusi ini diharapkan menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan komputer di sekolah, terutama nan mempunyai anggaran terbatas terutama di biaya listrik nan pasti bakal terus naik tiap tahunnya.”

Dengan teknologi virtualisasi dari Intel dan support perangkat keras dari GEAR VLab dan Axioo EzylinX bakal mendukung aktivitas belajar siswa lantaran telah dilengkapi dengan digital library, interactive learning, video pembelajaran hingga ujian dan soal untuk siswa.

Adapun untung untuk sekolah nan mengimplementasikannya bakal menghadirkan solusi nan tidak hanya meningkatkan efisiensi pendidikan tetapi memungkinkan sekolah menghemat biaya pengadaan dan operasional lantaran bisa memangkas konsumsi listrik hingga 60 persen sampai dengan 70 persen.

Pengembangan Talenta Mulai dari Sekolah

<p>Axioo meresmikan kelas laboratorium komputer Intelligent Desktop Virtualization (IDV) pertama di Indonesia di SMK Pertiwi Kuningan Jabar, dengan hasil kerjasama berbareng PT Indo Mega Vision dan didukung Intel Corporation (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).</p>

Sementara itu, Timmy Theopelus menyebut, pihaknya hadirkan lab ini lantaran memandang pengembangan talenta perlu dimulai dari sekolah.

“Sumber daya manusia dan potensi ekonomi dari bumi digital di Indonesia tetap sangat besar. Dengan kehadiran lab EzylinX kami berambisi semua sekolah bakal memperoleh akses kepada komputer nan canggih namun terjangkau namun irit daya,” kata Timmy.

Dalam mengembangkan lab ini, PT Indo Mega Vision memberikan hibah satu set perangkat GEAR VLab dan Axioo EzylinX —satu server, empat host, enam belas client— kepada SMK Pertiwi di Kuningan, Jawa Barat.

Harapannya, siswa dan tenaga pengajar di sekolah tersebut dapat merasakan faedah langsung dari teknologi IDV.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi