Awalnya Gratis, Layanan Apple Intelligence Bakal Tarik Biaya Langganan ke Pengguna

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Apple diketahui bakal mendorong pemanfaatan AI untuk deretan produk besutannya. Hal itu ditandai dengan peluncuran Apple Intelligence sebagai rangkaian fitur AI nan diperkenalkan berbareng dengan iOS 18.

Menariknya, meski diluncurkan resmi menjelang akhir 2024, Apple Intelligence dilaporkan tetap dalam tahap beta. Layanan ini pun bisa digunakan secara gratis, asalkan pengguna memakai perangkat nan kompatibel, seperti iPhone 15 Pro.

Namun, laporan terbaru dari wartawan Bloomberg Mark Gurman, jasa bebas biaya itu kabarnya tidak bakal memperkuat lama. Mengutip GSM Arena, Rabu (3/7/2024), Mark menyebut jika Apple mempunyai rencana untuk menghadirkan jasa Apple Intelligence berbayar.

Disebutkan, Apple diprediksi bakal membagi Apple Intelligence dalam dua tier. Tier pertama bakal tetap gratis, tapi dengan fitur terbatas.

Sementara untuk menikmati seluruh keahlian AI dari jasa tersebut di iPhone, iPad, alias Mac, pengguna kudu berlangganan Apple Intelligence+.

Dengan berbayar, jasa ini tidak bakal berbeda dari jasa berlangganan lain, seperti Apple Music alias iCloud+. Kehadiran jasa ini pun disebut bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi perusahaan di saat tren upgrade perangkat melambat.

Selain itu, Apple juga disebut berencana mengambil potongan pendapatan dari pendapatan langganan mitra AI nan terintegrasi dengan perangkat mereka. Skema ini mirip dengan potongan nan mereka peroleh dari jasa pihak ketiga di App Store.

Untuk diketahui, diumumkan dalam arena Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024, Apple Intelligence adalah teknologi AI individual untuk iPhone, iPad, dan Mac.

Platform Apple Intelligence sendiri datang dengan menggabungkan kekuatan model generatif dan konteks personal.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Apple Intelligence Rilis di iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequoia! Apa Itu dan Fiturnya?

Lewat kombinasi ini, Apple mampu menghadirkan AI nan sangat membantu dan relevan bagi setiap pengguna.

"Kami sangat antusias untuk memperkenalkan babak baru dalam penemuan Apple," ujar Tim Cook, CEO Apple, dalam keterangan resminya.

"Apple Intelligence bakal mengubah perihal nan dapat pengguna lakukan dengan produk kami, dan perihal nan dapat produk kami lakukan bagi pengguna," katanya.

Fitur Apple Intelligence ini dapat mengakses info dengan kerahasiaan, dan keamanan sangat dijaga untuk membantu pengguna melakukan perihal paling krusial bagi mereka.

"Ini adalah AI yang hanya dapat dihadirkan Apple, dan kami tidak sabar memandang pengguna mencoba apa nan dapat dilakukannya," ucap Tim Cook.

Fitur Utama Apple Intelligence:

  • Alat Penulisan:

Apple Intelligence menghadirkan beragam langkah baru bagi pengguna untuk meningkatkan keahlian menulis dan berkomunikasi agar lebih efektif.

Alat Penulisan baru di tingkat sistem nan terintegrasi dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia membantu pengguna menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks di mana pun mereka menulis, termasuk Mail, Notes, Pages, dan aplikasi pihak ketiga.

Apa Saja Fitur Baru di Apple Intelligence?

  • Mail:

Apple Intelligence membikin pemantauan email menjadi lebih mudah dan efisien. Pesan Prioritas menampilkan email paling mendesak, dan Ringkasan Pesan membantu pengguna memindai pesan nan panjang.

Selain itu, ada juga Balasan Cerdas memberikan saran untuk respons cepat, Pemberitahuan Prioritas memastikan pengguna tidak melewatkan perihal penting.

Kurangi Gangguan membantu pengguna tetap fokus, transkripsi panggilan memungkinkan pengguna meninjau percakapan, dan ringkasan audio memberikan poin-poin krusial dari panggilan.

  • Image Playground:

Fitur ini memungkinkan pengguna membikin gambar menarik dalam hitungan detik dengan memilih dari tiga gaya: Animasi, Ilustrasi, alias Sketsa.

Image Playground mudah digunakan dan terintegrasi langsung ke dalam aplikasi termasuk Pesan.

  • Genmoji:

Genmoji memungkinkan pengguna membikin emoji orisinal untuk mengekspresikan diri dengan lebih baik.

Pengguna dapat membikin Genmoji kawan dan family berasas foto mereka dengan hanya mengetikkan deskripsi.

Nantinya, Genmoji bakal muncul dengan opsi tambahan. Pengguna dapat menambahkan genmosi dengan pesan, dibagikan sebagai stiker, alias reaksi di Tapback.

Apple Intelligence di Aplikasi Bawaan iPhone dkk

  • Foto:

Apple meningkatkan pengalaman foto dan video dengan pencarian foto dan video nan lebih mudah via Apple Intelligence.

Perusahaan juga memperkenalkan perangkat Pembersih untuk menghapus objek nan mengganggu, dan Memori untuk membikin cerita secara otomatis.

  • Siri:

Asisten virtual milik Apple ini bakal menjadi lebih terintegrasi ke dalam pengalaman sistem dengan keahlian pemahaman bahasa lebih kaya, support perangkat, kesadaran layar, dan ratusan tindakan baru.

Siri juga dapat memanfaatkan skill ChatGPT untuk membantu pengguna dengan tugas-tugas tertentu.

  • Komputasi Cloud Pribadi:

Apple Intelligence menetapkan standar baru untuk privasi dalam AI dengan memproses info di perangkat dan menggunakan cloud hanya untuk tugas nan kompleks.

  • ChatGPT:

ChatGPT terintegrasi di seluruh platform Apple untuk membantu pengguna dengan keahlian pemahaman gambar dan dokumen.

Didukung GPT-4o, pengguna dapat mengakses generatif ini secara cuma-cuma tanpa perlu membikin akun.

Pengguna iPhone juga bisa menghubungkan akun mereka, dan mengakses fitur berbayar langsung dari pengalaman.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi