Ahli Keamanan Temukan Celah Keamanan di Fitur Multi-Perangkat WhatsApp

Sedang Trending 2 jam yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah celah keamanan ditemukan di WhatsApp, aplikasi pesan terpopuler di dunia. Hal ini pun membikin pengguna semakin ketakutan tentang privasi mereka ketika menggunakan jasa chatting tersebut.

Walaupun celah keamanan tersebut terlihat tak seperti masalah besar, kerentanan ini bisa membikin info pribadi pengguna terkena risiko.

Mengutip Gizchina, Selasa (22/10/2024), mahir keamanan di Zengo, sebuah perusahaan nan membikin dompet mata uang digital menemukan kelemahan di pengaturan multi-perangkat WhatsApp.

Tim nan sama sebelumnya menemukan sebuah celah tersebut di fitur View Once WhatsApp. Temuan baru ini menemukan, langkah WA menangani info pada beberapa perangkat bisa membikin pengguna rentan terhadap serangan.

Penjelasan Tentang Kerentanan Ini

Masalah terjadi pada gimana membikin ID pada beberapa perangkat nan dipakai satu akun pengguna. Tiap sistem operasi, entah itu Windows, MacOS, Android alias iPhone --membuat ID dalam langkah nan unik.

Co-founder Zengo, Tal Be'ery, menjelaskan, hacker bisa menggunakan perbedaan ini untuk menemukan perangkat apa nan dipakai.

Misalnya, perangkat Android membuat ID dengan 32 karakter. Sementara iPhone membikin ID menggunakan 20 karakter, dengan sebuah prefiks alias awalan.

WhatsApp akhirnya menunda kebijakan privasi baru nan mengintegrasikan info pribadi dengan Facebook. Hal ini memicu kebingungan pengguna, dan migrasi ke aplikasi chatting lain.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi