3 Fitur Baru Grab untuk Keamanan dan Kenyamanan Penumpang Perempuan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Menanggapi masukan pengguna, terutama perempuan, Grab Indonesia mengumumkan sejumlah langkah signifikan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanannya.

Perusahaan ride-hailing ini melakukan perbaikan menyeluruh, mulai dari proses rekrutmen pengemudi hingga fitur-fitur dalam aplikasi.

"Kami serius mendengarkan masukan pengguna. Keamanan dan kenyamanan adalah prioritas utama kami, terutama bagi pengguna jasa transportasi roda empat (GrabCar)," kata Director of Mobility & Logistics Grab Indonesia, Tyas Widyastuti, dikutip Selasa (30/7/2024).

Salah satu langkah konkret nan diambil Grab adalah memperketat proses seleksi pengemudi.

Selain tes ilmu jiwa tatap muka nan wajib, Grab juga melakukan verifikasi info nan lebih ketat, memastikan identitas pengemudi sesuai dengan info pemerintah.

Director of Trust & Safety and Grab Support, Radhi Juniantino, menyebut langkah itu untuk memastikan bahwa pengemudi Grab adalah orang-orang nan tepat dan terpercaya.

Tak hanya itu, dia mengungkapkan, perusahaan juga bekerja sama dengan pihak ketiga nan mempunyai izin resmi.

"Tujuannya untuk melakukan pengesahan dan verifikasi seluruh arsip identitas Mitra Pengemudi, baik nan bakal berasosiasi maupun sudah bergabung, mencocokan dengan info kependudukan dari pemerintah," ucap Radhi memungkaskan.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

3 Fitur Tambahan

Adapun tiga tambahan fitur baru nan tersedia di jasa GrabCar antara lain:

1. Trip Monitoring

Grab memperketat proses pemantauan perjalanan (Trip Monitoring) untuk mendeteksi perjalanan secara real-time dan memperkecil kemungkinan terjadinya tindakan nan tidak diinginkan dengan adanya intervensi manual.

Intervensi manual berkarakter proaktif di mana tim Grab Support bakal menghubungi penumpang dan pengemudi jika terjadi penyimpangan rute alias pemberhentian tidak wajar pada jam tertentu, terutama jika mereka tidak merespons notifikasi di aplikasi Grab.

2. Audio Protect

Fitur perekaman bunyi dengan persetujuan penumpang (Audio Protect) hanya dimiliki Grab di industri ride hailing.

Perekaman bunyi bakal otomatis dilakukan sejak Mitra Pengemudi menerima pemesanan dari penumpang nan sudah memberikan persetujuan.

Selain itu, konsumen nan telah memberikan persetujuannya dapat mengakses Audio Protect melalui Pusat Keselamatan sehingga pengaturan perekaman dapat dilakukan dengan lebih mudah.

3. Tombol Darurat

Pada akhir 2024, Grab bakal memindahkan letak Tombol Darurat di aplikasi penumpang agar lebih terlihat dan lebih mudah diakses dalam keadaan darurat.

Fitur Akun Keluarga

Dengan persentase pengguna wanita di Grab nan lebih dominan, salah satu masukan nan cukup banyak didapat adalah dari para Ibu nan menginginkan notifikasi otomatis jika terdapat personil family nan tengah menggunakan jasa transportasi dari Grab.

Menjawab kebutuhan tersebut, Grab juga meluncurkan fitur Akun Keluarga.

Jika admin telah menambahkan personil family ke Akun Keluarga, dia bakal mendapatkan notifikasi otomatis dan keahlian memandang posisi mobil secara real-time saat mereka melakukan perjalanan berbareng Grab.

Tak hanya itu, personil Akun Keluarga juga dapat menggunakan metode pembayaran nan dibebankan pada admin sehingga pembayaran lebih terpusat.

Uji Coba GrabCar Plus

Grab juga melakukan uji coba GrabCar Plus dengan standar baru untuk menjawab kebutuhan para pengguna nan menginginkan perjalanan dengan armada lebih besar, baru, dan nyaman.

Beberapa kelebihan nan ditawarkan di jasa GrabCar Plus antara lain.

  • Mobil non-LCGC
  • Tahun produksi kendaraan nan lebih baru
  • Seleksi kualitas kendaraan nan lebih ketat nan dilengkapi dengan pengecekan kendaraan secara berkala
  • Implementasi ?tambahan identitas pelengkap bagi Mitra Pengemudi seperti seragam, kartu identitas dalam mobil, dan
  • stiker pada armada dilakukan secara berjenjang mulai Agustus 2024

Infografis 10 Daftar Pahlawan Nasional Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Tri Yasnie)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi
↑