World Water Forum ke-10 Digelar di Bali, Bahas Isu Utama Ketahanan Air

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Dalam upaya dunia untuk mengatasi tantangan keamanan air alias water security kepada masyarakat luas, Bali bakal menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali, pada 18-25 Mei 2024. Forum ini bakal menjadi titik jumpa para pemimpin bumi dan pemangku kepentingan untuk membahas dan mencari solusi atas rumor vital ini.

Presiden World Water Council, Loic Fauchon, menekankan bahwa rumor ketahanan air ini sangat luas dan menjadi topik krusial dalam World Water Forum ke-10. Adapun masalah ketahanan air meliputi beragam aspek termasuk di dalamnya peningkatan akses air bersih.

"World Water Forum ke-10 di Bali bakal menghasilkan solusi maupun keputusan berbareng mengenai sistem keamanan air," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (13/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia juga mengungkapkan argumen utama digelarnya World Water Forum 2024 di Bali. Salah satunya untuk dapat membentuk komitmen kuat di level tinggi kepala negara seperti dalam mengelola air dan melakukan pendanaan air.

Di samping itu, forum ini juga diharapkan dapat sekaligus menyampaikan pesan tingkat tinggi nan bisa diterapkan oleh pemerintah ketika para delegasi kembali ke negaranya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan World Water Forum ke-10. Rapat nan dilaksanakan pada 10 Mei 2024 di Gedung Utama Kantor Kementerian PUPR ini menghadirkan perwakilan Kementerian/Lembaga nan terlibat.

Beberapa diantaranya dari perwakilan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Network of Asian River Basin Organization (Narbo) dan Youth.

Pada kesempatan tersebut, Basuki meminta agar pihak nan terlibat bisa saling berkoordinasi dan memastikan agenda dan agenda aktivitas selama World Water Forum ke-10 melangkah lancar.

Sebagai iniformasi, tema Besar penyelenggaraan World Water Forum ke-10 adalah 'Water for Shared Prosperity' dengan Subtema nan terdiri dari Ketahanan dan Kesejahteraan Air, Air untuk Manusia dan Alam, Pengurangan dan Manajemen Risiko Bencana, Tata Kelola, Kerja Sama dan Diplomasi Air, Pembiayaan Air Berkelanjutan dan Pengetahuan dan Inovasi.

(rir)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com