TransNusa Ungkap Kondisi Petugas yang Jatuh dari Pintu Pesawat

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Kamis, 16 Mei 2024 20:31 WIB

Manajemen TransNusa mengatakan petugas nan jatuh dari pintu pesawat dalam kondisi baik. Manajemen TransNusa mengatakan petugas nan jatuh dari pintu pesawat dalam kondisi baik. (Foto: Arsip Istimewa)

Jakarta, CNN Indonesia --

PT TransNusa Aviation Mandiri mengungkap kondisi petugasnya nan jatuh dari pintu pesawat.

Petugas nan mengalami kecelakaan kerja itu merupakan tenaga kerja PT Jasa Angkasa Semesta (PT JAS), perusahaan nan menangani aktivitas ground handling TransNusa.

Manajemen mengatakan sekarang petugas tersebut dalam kondisi baik. Perusahaan juga telah memberikan perawatan medis bagi korban.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"TransNusa dan PT JAS telah memastikan bahwa petugas nan mengalami kecelakaan tersebut saat ini telah menerima penanganan medis dan dalam kondisi nan baik," kata Marketing PT TransNusa Aviaton Mandiri dalam keterangannya, Kamis (16/5).

Perusahaan maskapai ini juga menegaskan telah berkoordinasi dengan PT JAS untuk meningkatkan prosedur keamanan, serta menerapkan langkah pencegahan nan lebih ketat guna menghindari terulangnya kejadian serupa di masa mendatang.

Manajemen menyatakan peristiwa tersebut terjadi lantaran ada miskomunikasi dan kejadian itu terjadi pada 13 Mei 2024. Dalam video terlihat seorang petugas berdiri di pintu pesawat dekat dengan perbatasan tangga turun/naik penumpang.

"Kejadian tersebut terjadi lantaran miskomunikasi antara petugas flight coordinator (FC) dengan petugas passenger boarding stairs (PBS) PT JAS nan mengakibatkan petugas FC tidak mengetahui posisi PBS ketika hendak meninggalkan pesawat," tulis TransNusa.

Sebuah video nan memperlihatkan seorang petugas airport terjatuh dari pesawat ketika petugas lainnya menggeser tangga naik penumpang, menjadi viral di media sosial.

Kejadian nan menimpa sosok nan diketahui merupakan petugas PT TransNusa Aviation Mandiri terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Seperti nan terlihat di dalam video, mulanya petugas Flight Coordinator (FC) di pesawat itu melangkah mundur, tanpa memandang posisi tangga. Namun, pada saat berbarengan petugas ground handling menggeser tangga naik/turun penumpang tersebut.

Dia pun terjatuh dari ketinggian lantaran tidak ada tangga nan menopang kakinya. Tampak kertas-kertas arsip penerbangan berceceran dari tangan petugas FC itu dan tubuhnya menghantam permukaan beton.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com