Top 3 Tekno: Ajakan Jokowi ke CEO Microsoft hingga Bocoran Spesifikasi Oppo Reno12 Bikin Kepo

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - CEO Microsoft Satya Nadella bertandang ke Indonesia, Selasa 20 April 2024. Satya Nadella juga sempat datang di Istana Kepresidenan Jakarta memenuhi undangan dari Presiden Joko Widodo.

Berbagai perihal dibicarakan, terutama tentang perkembangan teknologi serta investasi Microsoft di Indonesia.

Satya Nadella sendiri menyebut, Microsoft bakal berinvestasi sebesar nyaris Rp 28 triliun di Indonesia, terutama dalam pengembangan AI dan cloud.

Sebanyak 840.000 talenta digital juga bakal dilatih untuk mempelajari teknologi kepintaran buatan.

Dikatakan oleh Menkominfo Budi Arie Setiadi, dalam pertemuannya dengan sang bos Microsoft Satya Nadella, Jokowi sempat mengusulkan agar Microsoft membangun pusat riset AI di Indonesia.

Dua kota direkomendasikan menjadi pusat riset AI ini, ialah Bali dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Informasi seputar kunjungan CEO Microsoft Satya Nadella ke Indonesia pun membikin penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Selasa 30 April 2024.

Artikel tentang Bos Microsoft menyoroti pertumbuhan developer di Indonesia dari tahun ke tahun juga membikin pembaca kanal Tekno Liputan6.com penasaran.

Selain itu, pembaca juga penasaran dengan bocoran spesifikasi Oppo Reno 12 yang bakal dirilis, sebagai penerus dari Oppo Reno11 Series.

Berikut info komplit dari beragam tulisan nan banyak dibaca pembaca kanal Tekno Liputan6.com:

CEO Microsoft Satya Nadella mengunjungi Indonesia. Dalam kesempatan ini Nadella sempat berjumpa dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

1. Menkominfo: Presiden Jokowi Ajak CEO Microsoft Satya Nadella Bangun Pusat Riset AI di Bali dan IKN

CEO Microsoft Satya Nadella mengunjungi Indonesia. Dalam kesempatan ini Nadella sempat berjumpa dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta. Investasi adalah salah satu perihal nan dibahas.

Selain itu menurut Menkominfo Budi Arie Setiadi, Jokowi juga menyarankan kepada Satya Nadella agar Microsoft mau membangun pusat riset unik AI di Indonesia.

Budi Arie Setiadi mengatakan Microsoft menegaskan komitmennya untuk berinvestasi sebesar USD 1,7 miliar alias setara nyaris Rp 28 triliun di Indonesia.

"Angkanya sudah dirilis, Microsoft berkomitmen untuk berinvestasi sebesar nyaris Rp 28 triliun untuk mengembangkan AI dan cloud di Indonesia," kata Budi Arie Setiadi dalam konvensi pers di Kantor Kominfo, Selasa (30/4/2024).

Budi Arie menyebut investasi tersebut digelontorkan selama 4 tahun. Menurut dia, investasi ini menjadi angin segar bagi Indonesia.

"Karena Indonesia sebagai bangsa sangat diperhitungkan dalam kancah ekosistem digital global," kata Budi Arie.

Lebih lanjut, Menkominfo Budi Arie mengatakan, Indonesia bakal siap membantu jika ada perihal nan dibutuhkan oleh Microsoft dalam melaksanakan investasi mereka di Indonesia. Bahkan, menurutnya Jokowi juga mengusulkan untuk membangun pusat riset unik Ai di Indonesia.

"Seperti nan disampaikan, Pak Presiden mengusulkan ada pusat riset unik AI di Indonesia," katanya, menyebut kata-kata Jokowi saat berjumpa dengan Satya Nadella.

Informasi selengkapnya di sini.

2. Bos Microsoft Soroti Jumlah Pertumbuhan Developer Indonesia, Proyeksi Masuk 5 Besar GitHub Global

Dalam kunjungannya ke Indonesia, CEO Microsoft Satya Nadella menyorot soal jumlah developer di Indonesia nan terus tumbuh dengan pesat. Ia menyebut, pertumbuhan developer software Indonesia di GitHub tumbuh hingga dua kali lipat dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk diketahui, saat ini ada lebih dari 3,1 juta developer di Indonesia nan memakai GitHub, platform pengembangan software milik Microsoft. Dengan jumlah itu, Indonesia menjadi organisasi developer terbesar ketiga di area Asia Pasifik, setelah dan Tiongkok.

Sementara untuk organisasi GitHub secara global, Satya menuturkan, Indonesia sekarang di urutan delapan. Karenanya, dengan pertumbuhan jumlah developer nan semakin pesat ini, Indonesia diprediksi bakal menjadi organisasi developer kelima di GitHub pada 2026.

"Saya merasa Indonesia bakal menjadi nomor lima secara dunia (di GitHub) pada 2026. Jadi, ini bakal menjadi perihal nan menggembirakan," tutur Satya Nadella dalam event Microsoft Build nan digelar di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Berdasarkan proyeksi, jumlah developer Indonesia di GitHub bakal menggantikan posisi Inggris nan saat ini berada di posisi kelima. Indonesia sendiri juga disebut mencatat peningkatan jumlah developer nan signifikan dari tahun ke tahun di GitHub.

Simak info selengkapnya di sini.

3. Spesifikasi Oppo Reno 12 Bocor di Internet, Seperti Apa?

Oppo disebut-sebut bakal mengumumkan seri Reno terbaru mereka di tahun ini, dengan agenda peluncuran pada bulan Juni mendatang.

Walau belum dikonfirmasi, Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro bakal menjadi lini ponsel terbaru besutan perusahaan asal China tersebut di 2024 ini.

Hal ini diperkuat dengan bocornya spesifikasi Reno 12, di mana jenis ponsel ini bakal ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 8200, RAM 16GB, dan memori sebesar 512GB.

Mengutip unggahan Digital Chat Station di Weibo via GSM Arena, Selasa (30/4/2024), HP Android milik Oppo ini juga bakal dilengkapi dengan kamera utama 50 MP f/1.8, ultrawide 8 MP, dan 50 MP f/20 'portrait telefoto' cengkir keahlian zoom optik 2x.

Untuk mendukung performa sehari-hari, Oppo sudah melengkapi seri Reno 12 ini dengan baterai 5,00mAh dan sudah mendukung pengisian daya sigap SuperVOOC 80W.

Salah satu perihal paling menonjol dari HP baru Oppo ini adalah kreasi nan tipis, ringan, dan mempunyai layar lengkung. Dari bocoran sebelumnya, ponsel ini sudah mendukung resolusi "1.5K" dan refresh rate 120 Hz.

Oppo Reno 12 ini juga dikabarkan sudah mengantongi sertifikasi IP65 untuk daya tahan debu dan air.

Simak info selengkapnya di sini.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berbincang berbareng mantan Perdana Menteri Inggris nan juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di instansi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi