Telkomsel 29 Tahun: Maju Serentak Berikan Dampak Bagi Indonesia

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Telkomsel memasuki usainya nan ke-29 tahun. Dalam merayakan 29 tahun perjalanannya, Telkomsel mengusung semangat 'Maju Serentak Berikan Dampak'.

Semangat ini merupakan komitmen Telkomsel untuk terus mendampingi masyarakat dengan memberikan pelayanan terbaik melalui ragam inisiatif, inovasi, dan tindakan nyata nan dapat memperkuat inklusi digital nasional.

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menyampaikan rasa terima kasih nan mendalam kepada pengguna setia dan seluruh stakeholder atas dukungannya selama 29 tahun ini.

Nugroho menegaskan, Telkomsel bakal terus maju dan bertumbuh, dengan memperkuat komitmennya sebagai penyedia jasa telekomunikasi digital terbaik di regional.

"Untuk mencapai perihal tersebut, kami menjalankan misi baru dengan berupaya untuk dapat menyediakan konektivitas, jasa dan solusi nan inovatif dan unggul bagi semua orang," kata Nugroho dikutip Minggu (26/5).

"Visi dan misi baru ini bakal menjadi komitmen Perusahaan untuk terus melangkah maju memberikan kontribusi nyata sehingga terus menjadi mitra terpercaya masyarakat dan bangsa," ujarnya.

Adapun selama 29 tahun, Telkomsel telah secara konsisten menyediakan dan meningkatkan konektivitas prasarana jaringan broadband terdepan nan merata dan setara.

Antara lian menghadirkan jaringan 5G pertama dan terluas di Indonesia nan mencakup lebih dari 53 kota/kabupaten.

Jaringan ini telah dimanfaatkan dalam mendukung beberapa sektor seperti robotic telesurgery, marine mobile, warehouse management dan smart mining.

Dari sisi segmen upaya digital menjadi penggerak utama transformasi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan.

Di mana pertumbuhan info dan jasa digital telah mencatat keahlian positif di kuartal satu 2024 dengan tumbuh sebesar 8,6% YoY dan meningkatkan kontribusinya terhadap pendapatan perusahaan menjadi 89,9% dari 84,4% tahun lalu.

Meski demikian, Telkomsel menyadari dinamika industri telekomunikasi nan kian berkembang. Untuk itu, Telkomsel terus beradaptasi dan berinovasi untuk menghadapi beragam tantangan dengan beralih bentuk ke arah upaya digital baik untuk segmen Business-to-Business (B2B) maupun Business-to-Consumer (B2C).

Tak hanya itu, Telkomsel juga telah menghadirkan jasa Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) untuk pengguna di dalam dan luar negeri.
Dalam upaya mewujudkan pengalaman digital pengguna terdepan, Telkomsel telah meningkatkan kapabilitas asisten virtual "Veronika" dengan teknologi Microsoft Azure OpenAI Service.

Guna mewujudkan ekosistem digital Indonesia nan inklusif dan pertumbuhan upaya baru, Telkomsel juga mempunyai peta jalan ekosistem penemuan nan mencakup digital talent accelerator IndonesiaNEXT, impact startup incubator NextDev.

Kemudian, corporate accelerator Tinc, dan didukung oleh anak perusahaan nan bertindak sebagai corporate venture capital Telkomsel Ventures, dan digital business portfolio holding & platform company ialah INDICO.

Secara keseluruhan, ekosistem penemuan ini telah bergerak mengembangkan penemuan berbareng para stakeholder untuk mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan ekonomi Indonesia.

Selama 29 tahun, Telkomsel senantiasa mengedepankan proses upaya berkepanjangan dengan mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) melalui ragam inisiatif perusahaan dan aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR).

Hal ini menciptakan akibat positif terhadap kelestarian alam dan lingkungan, pemberdayaan masyarakat Indonesia, serta membangun ekosistem digital nan kondusif dan bertanggung jawab.

Dalam menciptakan akibat positif terhadap alam dan lingkungan, Telkomsel menghadirkan Telkomsel Jaga Bumi nan telah melakukan penanaman 15 ribu pohon di delapan letak pada 2023 lampau untuk mengkompensasi emisi karbon.

Kemudian juga program pengelolaan limbah plastik, nan telah mendaur ulang limbah plastik dan jejak cangkang kartu SIM menjadi 75 ribu pavement block dan 20 ribu phone holder.

Pada aspek sosial, Telkomsel telah meluncurkan beragam inisiatif CSR nan berfokus pada pemberdayaan masyarakat guna membentuk masa depan nan lebih baik.

Sementara program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) nan berfokus mengakselerasi kapabilitas, kompetensi, dan produktivitas digital para pelaku UKM di Indonesia, telah mendukung percepatan transformasi digital di lebih dari 2.500 UKM lokal.

Dampak Penetrasi Broadband Telkomsel

Dampak nyata kontribusi Telkomsel diperkuat dengan hasil riset dan penelitian terbaru nan dilakukan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LDUI).

Riset itu berjudul "Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel terhadap Perekonomian Indonesia pada Era Ekonomi Digital". Hasilnya menyatakan bahwa Telkomsel tidak hanya menjadi pelopor dalam menyediakan jasa telekomunikasi, tetapi juga menjadi penggerak dalam memacu pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Hasil riset tersebut terbagi menjadi tiga temuan utama, ialah Internet Telkomsel Berkontribusi Terhadap Perekonomian Indonesia, Internet Telkomsel Membantu Digitalisasi Usaha, dan Internet Telkomsel Meningkatkan Omzet Usaha.

Temuan pertama, Telkomsel berkontribusi terhadap perekonomian nasional, di mana setiap peningkatan payload Telkomsel sebesar 100 TB di setiap kabupaten/kota berakibat pada peningkatan PDRB per kapita hingga Rp1,7 miliar, sementara peningkatan jumlah pengguna sebanyak 1.000 orang dapat meningkatkan PDRB per kapita hingga Rp8,6 miliar.

Selain itu, Telkomsel juga memberikan kontribusi sebesar 1,6 persen terhadap PDB nasional. Pada temuan kedua, menyatakan bahwa Telkomsel turut berkedudukan dalam memfasilitasi digitalisasi upaya di Indonesia.

Dengan support internet Telkomsel, sebanyak 45,7 persen pelaku upaya telah terintegrasi dengan platform e-commerce dan social commerce, nan secara signifikan meningkatkan untung bersih mereka hingga 3 kali lipat dibandingkan pelaku upaya nan tidak terintegrasi pada platform digital.

Tidak hanya itu, Telkomsel juga memungkinkan pelaku upaya untuk meningkatkan efisiensi komunikasi dengan pemasok dan pelanggan, sehingga memperluas jangkauan pasar dan memfasilitasi pertumbuhan upaya secara keseluruhan.

Pada temuan ketiga, hasil riset menyatakan bahwa internet Telkomsel mendukung peningkatan omzet pelaku usaha.

Dengan adanya hubungan internet nan sigap dan andal dari Telkomsel, pelaku upaya dapat mengalami peningkatan omzet hingga lebih dari 50 persen dan meningkatkan jangkauan penjualan upaya naik dua kali lipat setelah menggunakan Telkomsel (dari 20,6 persen menjadi 46,7 persen).

Promo HUT 29 Tahun Telkomsel

Memperingati hari jadi ke-29, Telkomsel menghadirkan beragam program produk dan jasa berbobot tambah seperti Paket Surprise Deal nan menawarkan paket info unik dengan jumlah kuota besar dengan nilai nan menarik.

Kemudian, Flash Sale MyTelkomsel dan Cashback Nampol MyTelkomsel nan mendapatkan potongan harga, Promo Device Bundling Spesial di TShop dengan ekstra diskon, Dunia Games Double Diamond, Paket Nonton Video Flash Sale, Hot Deal Telkomsel Anniversary nan menawarkan cashback dan potongan nilai untuk paket.

Selanjutnya kartu perdana dan nomor spesial, Surprise Deal Orbit nan menawarkan paket kuota besar dengan nilai nan menarik bagi pengguna orbit, hingga ragam program loyalitas pelanggan.

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com