Sejak 1992, Sate Pak Karno tawarkan Sate Nikmat Di Jombang

Jombang, Padangbulan.co.id – Kawasan Ploso Kabupaten Jombang Propinsi Jawa Timur terkenal sebagai surga kuliner masakan sate. Salah satu penjual legendaris adalah Sate Pak Karno Mariono Asli yang berdiri sejak 1992. Tempat inipun bertahan hingga 2 generasi.

Sate adalah makanan khas Indonesia yang sangat populer, sate paling banyak berasal dari Pulau Jawa dengan jenis yang berbeda di setiap daerahnya.
Salah satu yang populer adalah sate khas Jombangan yakni pedas manis, terbuat dari potongan ayam yang dibakar di atas arang panas, kemudian disajikan dengan bumbu kacang yang kental dengan cita rasa manis gurih pedas.

Tak hanya sate ayam, ada juga sate kambing yang rasanya juga nikmat. Kalau sate kambing umumnya disajikan dengan sambal kacang kecap yang diberi tambahan potongan bawang merah, tomat, cabai rawit, hingga acar.

Sate Jombangan Pak Karno banyak tersebar di berbagai daerah, semua akan mudah menemukan tempat makan sate jombangan yang enak di Ploso Jombang. Salah satu pusatnya adalah kawasan simpang empat Bawangan Ploso Kabupaten Jombang, Jalan trans Propinsi menghubungkan Jombang – Lamongan.

Di sepanjang jalan trans penghubung propinsi banyak tempat makan yang menawarkan sate. Tapi, yang paling terkenal dan legendaris adalah Sate Pak Karno Asli.

Kita tak akan kesulitan menemukan gerai Sate Pak Karno Asli ini, sebab kepulan asap yang mengepul dari pembakaran Sate Pak Karno Asli ini sudah terlihat ketika baru masuk ke kawasan Ploso di Kabupaten Jombang.

Karno Mariono pemilik gerai sate mengaku generasi ke – 2 menceritakan kepada Padangbulan.co.id (17/3) soal kiprah tempat makan ini di dunia kuliner. Ternyata Sate Pak Karno ini sudah berdiri sejak tahun 1992, didirikan oleh orang tua nya yaitu Pak Slamet.

“Alhamdulillah semenjak berdirinya Sate Pak Karno kisaran dari tahun 92 sampai sekarang, selalu eksis banyak diminati pelanggan maupun pengunjung lain, “cerita Karno Mariono.

“Jadi dari bapak turun ke anak, lalu ke cucu (anak Karno). Sudah dua atau tiga generasi ya?,” sambungnya berkelakar.

Tempat makan ini menyematkan kata ‘asli’ pada namanya. Jadi, jangan salah ketika ingin mencoba Sate Pak Karno ini.

Tim Padangbulan.co.id mencoba menguliknya kepada Karno. Ternyata diberikan kata ‘asli’ karena di kawasan sepanjang jalan kisaran Ploso – Lamongan banyak sekali penjual sate. Nama ‘asli’ diharapkan membuat pelanggannya tidak terkecoh. Selain menu satenya, Karno juga menjelaskan kalau ada menu gulai kambing. Kedua menu ini juga banyak dipesan oleh para pelangganya.

Walaupun warung Sate Pak Karno Asli ini terlihat ramai setiap harinya. Namun, tetap saja selama pandemi COVID-19 ini ada penurunan omzet, hal inipun diakui oleh Karno Mariono.

“Penurunanya drastis cuman mau gimana lagi ya kita harus terus bergerak dan berjuang dengan mengandalkan rasa yang sama,” ujarnya.

Sate Pak Karno bisa dikunjungi di tiga tempat, satu simpang empat Bawangan, ke dua dalam pasar Ploso dan yang ke tiga di Bulurejo Kecamatan Tembelang yang kesemuanya ada di Kabupaten Jombang. Warung kulo (gerai sate saya jawa) buka dari pagi jam 9 hingga pukul 21.00 Wib.” Cerita Karno memungkasi.


(Oleh ; Padangbulan.co.id)

__Terbit pada
Maret 18, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *