Rumput Lapangan Upacara 17 Agustus di IKN Berstandar Untuk Sepak Bola

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 07 Mei 2024 07:38 WIB

Rumput lapangan untuk upacara 17 Agustus di IKN berjenis Zoysia Matrella (ZM) alias rumput manila nan biasa digunakan di stadion sepak bola. Rumput lapangan untuk upacara 17 Agustus di IKN berjenis Zoysia Matrella (ZM) alias rumput manila nan biasa digunakan di stadion sepak bola. (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setiawan)

Jakarta, CNN Indonesia --

Rumput lapangan untuk upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 17 Agustus mendatang berjenis Zoysia Matrella (ZM) alias rumput manila.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan jenis rumput itu bisa digunakan untuk bermain bola.

"Standarnya bisa untuk main bola. Zoysia Matrella, itu (jenis rumputnya)," katanya di IKN, Kalimantan Timur, dikutip detikfinance, Senin (6/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Basuki mengatakan progres pembangunan lapangan tersebut sudah mencapai 90 persen. Sejumlah akomodasi pun bakal segera dipasang di lapangan itu.

"Lapangan upacara saya kira 90 persen sudah siap. Rumput-rumputnya sudah kita siapkan semua, tiang bendera bakal dipasang," ucap Basuki.

Rumput manila biasa digunakan dalam pertandingan lantaran mempunyai karakter nan dibutuhkan dalam sepak bola internasional. Karakter rumput ini berdaun lembut dengan lebar 1,5 - 2,5 milimeter, tumbuh secara tegak dan padat, sehingga menimbulkan kesan lembek dan nyaman.

Selain itu, tidak licin jika diinjak dengan kaki telanjang. Jenis rumput ini juga toleran terhadap kekeringan, dan mempunyai sedikit masalah dengan hama, penyakit, dan gulma (tumbuhan liar). Pada umumnya, rumput ini juga digunakan di lapangan golf.

Sebelumnya, Otorita IKN (OIKN) menyiapkan 6.800 undangan upacara HUT RI ke-79 di ibu kota baru pada 17 Agustus mendatang.

Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos mengatakan ada begitu banyak petugas upacara nan bakal datang di IKN Nusantara pada 17 Agustus nanti.

Saking banyaknya, tower rumah susun nan tadinya dipersiapkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) bakal digunakan para petugas upacara untuk sementara waktu.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com