(istimewa)

Pria 26 Tahun Edarkan 3.332 Pil Koplo Diringkus Polsek Wates Kediri

Kediri, Padangbulan.co.id – Pengedar pil koplo berinisial YP asal Desa Gadungan, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri ditangkap petugas Buser unit Reskrim Polsek Wates. Pria berusia 26 tahun ini ditangkap karena kedapatan menyimpan narkoba jenis pil dobel L. Dari tangan pelaku, petugas menyita barang bukti sebanyak 3.332 barang haram tersebut.
Kapolsek Wates AKP Suharyanta melalui Kasi Humas Polsek Wates Aipda Agung mengatakan, awalnya polisi mendapat laporan masyarakat bahwa sering ada transaksi narkoba.
“Pelaku kami amankan di rumahnya. Selain itu kami menemukan sejumlah barang bukti dari tangan pelaku, yakni 3 botol berisi 3332 pil dobel L,” ungkap Aipda Agung, Sabtu (11/9/2021).
Dijelaskan Aipda Agung bahwa selain mengamankan pil dobel L, pihaknya juga menyita sejumlah uang dan HP yang diduga digunakan untuk melakukan transaksi narkoba.
“Kami juga amankan uang sejumlah Rp 201 ribu, HP, dompet, dan tas kecil selempang warna biru,” jelasnya.
Humas Polsek Wates juga memaparkan bahwa pelaku mengakui bahwa ribuan pil dobel L itu adalah miliknya.
Akibat dari perbuatannya pelaku kini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat UU pasal 114 ayat (1) sub pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang denga nisi setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah), dan pasal 197 Sub pasal 196 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan isi Setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah).
Kini, tersangka dan barang bukti diamankan ke Polsek Wates untuk proses penyidikan lebih lanjut. Guna kepentingan proses penyidikan, tersangka dilakukan penahanan di Polsek Wates Polres Kediri.

__Posted on
September 11, 2021
__Categories
Kriminal

Author: Muhammad Deni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *