Prabowo Yakin APBN Kuat Ongkosi Pembangunan IKN

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Kamis, 16 Mei 2024 19:01 WIB

Presiden terpilih Prabowo Subianto percaya APBN bisa membiayai pembangunan IKN nan anggaran totalnya US$35 miliar, tetapi dibagi per tahun. Presiden terpilih Prabowo Subianto percaya APBN bisa membiayai pembangunan IKN nan anggaran totalnya US$35 miliar, tetapi dibagi per tahun. (Foto: Biro Humas Setjen Kemhan)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden terpilih Prabowo Subianto yakin APBN bisa membiayai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pemindahan ibu kota ini bakal lanjut di era pemerintahannya.

Menurutnya, pembangunan IKN nan memerlukan anggaran US$35 miliar secara total. Kebutuhan modal nan besar itu, kata Prabowo, untuk jangka waktu lama sehingga dia percaya kas negara bakal bisa membiayai proyek warisan Presiden Jokowi itu.

"Perhitungannya, dibutuhkan waktu 25 tahun hingga 30 tahun untuk menyelesaikan modal tersebut. Jadi, jika Anda mengatakan US$30 miliar selama 30 tahun, itu berfaedah US$1 miliar per tahun," ujarnya dalam Qatar Economic Forum nan dikutip dari tayangan Youtube Bloomberg Live, Kamis (16/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Perekonomian Indonesia, anggaran Indonesia dapat memenuhi perihal tersebut. Jadi kami sangat percaya diri," imbuhnya.

Ia mengatakan untuk tahap awal, IKN bakal menggunakan duit negara. Setelah prasarana dasar terbangun, maka dia percaya investasi asing bakal masuk kemudian.

Apalagi, pemindahan IKN dinilai sudah digagas oleh Presiden pertama Soekarno sejak kemerdekaan Indonesia. Tujuannya untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi nan merata di seluruh negeri, tak hanya berpusat di Jawa tapi juga luar Jawa.

Alasan kedua adalah lantaran Jakarta nan sudah terlalu padat penduduknya dan membikin beban ekologis sangat besar. Di mana, saat ini Jakarta tengah menghadapi kenaikan permukaan laut 5-10 cm per tahun.

"Jadi kita kudu membangun tembok laut raksasa. Itu juga salah satu program saya. Dalam beberapa tahun ke depan sebelum tanggul laut raksasa dapat diselesaikan, nan mungkin menyantap waktu sepuluh, 15 tahun. Ibu kota kami kondusif dari genangan," pungkas Prabowo.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com