Pertamina Ungkap Ragam Aksi Kelola Keberlangsungan Air di WWF 2024

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Pertamina | CNN Indonesia

Sabtu, 25 Mei 2024 18:12 WIB

Pertamina mengungkapkan dua tindakan nyata pengelolaan air dalam Water Forum Side Event-Executive Roundtable Dialogue nan menjadi rangkaian World Water Forum 2024. Pertamina dalam Water Forum Side Event-Executive Roundtable Dialogue nan menjadi rangkaian World Water Forum 2024, di Nusa Dua, Bali, Rabu (22/5). (Foto: Arsip Pertamina)

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pertamina menegaskan komitmen untuk mengelola dan memanfaatkan air untuk melindungi sumber air bersih, nan sekaligus menjadi langkah mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) no 6, ialah Air Bersih dan Sanitasi. Komitmen itu juga sejalan dengan upaya Pertamina mengurangi emisi lingkungan.

Hal itu disampaikan oleh Vice President (VP) Sustainability Strategy Pertamina, Suripno, pada Water Forum Side Event-Executive Roundtable Dialogue nan menjadi rangkaian World Water Forum 2024, di Nusa Dua, Bali, Rabu (22/5).

Dalam obrolan panel berjudul "Flowing Forward Faster: Best Practices in Corporate Water Stewardship", Suripno menyampaikan dua tindakan nyata Pertamina nan mendukung keberhasilan program pengelolaan air.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pertama, upaya internal ialah aspek perilaku dan aspek teknologi. Kedua, upaya eksternal melalui kerjasama dengan komunitas, maupun program Corporate Social Responsibility (CSR). Kami juga menyadari penggunaan air di seluruh rantai nilai upaya Pertamina, sehingga kami menerapkan sistem dan program pengelolaan air nan memberi akibat Net Positif Water Impact (NPWI)," papar Suripno.

Dirinya memastikan, pengelolaan penggunaan air dilakukan Pertamina secara ketat. Program pengelolaan air berkepanjangan (Sustainable Water Management) dimulai dari mengidentifikasi rantai nilai konsumsi air, penetapan target, hingga penerapan program.

Selain itu, metode Pertamina Water Tools dirancang dapat melakukan penilaian sigap terhadap penerapan sistem pengelolaan air di seluruh unit bisnis.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyatakn, beragam upaya Pertamina dalam keberlanjutan, termasuk pengelolaan air, dipublikasikan dalam Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report), nan dapat diakses di website perusahaan www.pertamina.com.

Publikasi tersebut sekaligus merupakan transparansi Pertamina terhadap pemangku kepentingan atas upaya dan hasil dari program keberlanjutan nan dijalankan.

"Sebagai BUMN, Pertamina tak hanya mempunyai peran untuk menjaga kedaulatan energi. Lebih dari itu, Pertamina juga bergerak menjadi perusahaan berkepanjangan dan ramah lingkungan, dengan faedah nan besar bagi masyarakat dan keberlangsungan lingkungan," kata Fadjar.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com