Pertamina IHC dan Singhealth Kerja Sama Tingkatkan Layanan Kesehatan

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pertamina Bina Medika-Indonesia Healthcare Corporation (IHC) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan SingHealth mengenai cross-sharing praktik klinis, inovasi, dan training untuk meningkatkan kualitas jasa kesehatan.

MoU ini ditandatangani Direktur Utama IHC Mira Dyah Wahyuni dan Group Chief Executive Officer (CEO) SingHealth Ng Wai Ho di The Meru Bali, Selasa (30/4).

Menteri Kesehatan Singapura, Ong Ye Kung menyaksikan langsung penandatanganan MoU ini. Ia unik datang disela aktivitas kunjungannya mendampingi Perdana Menteri Singapura di Bogor.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menkes Singapura juga didampingi CEO Singapore General Hospital (SGH) Kenneth Kwek serta perwakilan dari Kemenkes RI, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI.

Adapun SingHealth, dengan rumah sakit akut, pusat ahli nasional, rumah sakit komunitas, dan poliklinik, mempunyai reputasi baik dalam memberikan jasa kesehatan berbobot tinggi.

Misalnya, Singapore SGH, rumah sakit tersier akut terbesar SingHealth di Singapura menyediakan perawatan komprehensif nan berpusat pada pasien dengan lebih dari 50 spesialisasi klinis di kampusnya dan menduduki ranking nomor 11 di bumi pada tahun 2024 menurut majalah Newsweek.

Melalui MoU ini, IHC bakal mendapatkan akses terhadap pengetahuan dan skill SingHealth di beragam bagian seperti manajemen rumah sakit, training staf, serta penelitian dan pengembangan.

Dengan kerja sama ini diharapkan posisi IHC khususnya Bali International Hospital (BIH) menjadi lebih kuat sebagai destinasi medical tourism. Kolaborasi ini melingkupi peningkatan clinical capacity building, transformasi dalam jasa didikan keperawatan, dan patient journey.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas jasa kesehatan melalui kerjasama erat dengan SingHealth. Dengan ditandatanganinya MoU ini, IHC memasuki era baru kerjasama nan bakal membawa faedah besar baik bagi IHC maupun masyarakat Indonesia," ujar Mira dalam keterangannya.

Kolaborasi tersebut bakal menyasar tiga bagian prioritas strategis. nan pertama adalah Clinical Excellence, nan menggarisbawahi pentingnya kualitas, keselamatan pasien, dan penelitian berasas evidence-based practice.

Kemudian nan kedua adalah Operational Excellence, nan berfokus pada peningkatan pengalaman pengguna melalui penemuan dan transformasi. Terakhir, People Excellence bakal berkonsentrasi pada pengembangan berkepanjangan tenaga kesehatan profesional, termasuk dokter, perawat, dan manajemen.

Hal ini juga mencakup inisiatif seperti training untuk master dan perawat, penelitian bersama, manajemen kasus nan kompleks, serta aktivitas kolaboratif dalam pendidikan kedokteran dan pengembangan profesional.

"Kemitraan dengan SingHealth ini merupakan langkah krusial dalam komitmen IHC untuk memberikan jasa kesehatan terbaik di rumah sakit dan klinik di bawah jaringan IHC," kata Mira.

"Pengalaman dan skill SingHealth nan diakui secara dunia bakal membantu kami meningkatkan kualitas layanan, memperluas akses terhadap layanan, dan mendorong penemuan dalam jasa kesehatan," ujarnya.

Hal ini diharapkan dapat meletakkan dasar bagi transformasi nan lebih luas dalam sistem jasa kesehatan Indonesia, dengan memberikan akses terhadap praktik terbaik dan pengetahuan terkini dalam industri jasa kesehatan global.

Group CEO SingHealth, Profesor Ng Wai Hoe, mengatakan, SingHealth merasa terhormat menandatangani Nota Kesepahaman ini.

Sebab, Kolaborasi ini menandakan hubungan saling menguntungkan nan bakal konsentrasi pada kesempatan training dan pengembangan bagi staf dan memperkuat komitmen berbareng kami untuk meningkatkan jasa pasien.

"Kami berambisi dapat belajar dari satu sama lain dan memajukan misi kolektif kami untuk memberikan perawatan nan luar biasa kepada pasien kami bersama-sama," ujarnya

Dalam kesempatan lain, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menyampaikan bahwa melalui anak upaya di bagian kesehatan, Pertamina berkomitmen mendukung Pemerintah memperluas dan meningkatkan kualitas jasa kesehatan di Rumah Sakit Pertamina Bina Medika IHC.

"Kolaborasi IHC dengan mitra dunia menunjukkan bahwa seluruh anak upaya Pertamina telah memperkuat langkahnya di tingkat global," pungkas Fadjar.

(inh)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com