Pertama di Dunia, Pertamina Hadirkan Museum MotoGP di Mandalika

Sedang Trending 2 jam yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 menghadirkan sesuatu nan baru, ialah museum MotoGP pertama di bumi nan diberi nama Pertamina MotoGP Experience Gallery. Museum ini terletak di area Pertamina Mandalika International Circuit.

Museum ini diresmikan pada Sabtu, (28/9) kemarin, oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Direktur Keuangan PT Pertamina Emma Sri Martini, serta Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso nan datang dalam seremoni pembukaan, menjelaskan bahwa Pertamina MotoGP Experience Gallery dibangun untuk menampilkan sejarah panjang partisipasi Indonesia dan Pertamina dalam bumi balap motor kelas dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tahun ini Pertamina mempunyai Pertamina MotoGP Experience Gallery nan bekerja sama dengan ITDC. Pertamina MotoGP Experience Gallery menceritakan alias menggambarkan perjalanan MotoGP dan support Pertamina terhadap olahraga otomotif dari tahun 60-an hingga saat ini," ujar Fadjar.

PertaminaPertamina hadirkan museum MotoGP di Mandalika berjulukan Pertamina MotoGP Experience Gallery. (Foto: Arsip Pertamina).

Lebih lanjut Fadjar menjelaskan, di dalam museum tersebut turut menghadirkan memorabilia MotoGP, sejarah-sejarah dari barang-barang pembalap, poster pembalap nan langsung dikirim oleh Dorna.

"Jadi itu otentik sekali, perlengkapan nan pernah dikenakan oleh pembalap MotoGP ada di sana, seperti baju balap, sepatu balap, dan banyak lainnya. Semuanya dikirim oleh Dorna," ucap Fadjar.

Tak hanya support terhadap MotoGP, hadirnya Pertamina MotoGP Experience Gallery juga sebagai sarana info dan edukasi bagi masyarakat nan mau mengetahui perjalanan panjang Indonesia dalam olahraga otomotif.

"Bagi masyarakat nan mau tahu lebih banyak tentang gimana perkembangan dan support Pertamina terhadap olahraga otomotif di Tanah Air bisa langsung memandang di Pertamina Mandalika International Circuit, dan ini sangat berfaedah bagi masyarakat, khususnya penduduk Lombok. Masuknya gratis," kata Fadjar.

Pertamina MotoGP Experience Gallery terdiri dari dua gedung utama, ialah north gallery dan south gallery. Pada north gallery berisikan memorabilia atribut pembalap MotoGp seperti baju balap, helm balap, pad kaki dan sikut, hingga visior motor balap. Semua atribut tersebut didukung oleh Dorna.

Di Pertamina MotoGP Experience Gallery visitor bisa mengetahui tentang budaya dan keanekaragaman hayati nan berada di sekitar Pertamina Mandalika International Circuit.

Selanjutnya, visitor bisa mengintip keseruan dibalik kandang mobil pembalap. Selain itu, Pertamina juga membuka official merchandise store dalam gallery tersebut nan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan merchandise MotoGP resmi.

Adapun permainan interaktif untuk anak-anak dan replika motor balap mini milik Tim Pertamina Enduro VR46.

PertaminaPertamina hadirkan museum MotoGP di Mandalika berjulukan Pertamina MotoGP Experience Gallery. (Foto: Arsip Pertamina).

Terakhir, info tentang support Pertamina dalam olahraga otomotif mulai dari tahun 1960 hingga Pertamina Grand Prix of Indonesia mendukung tiga poin krusial bagi Indonesia, ialah meningkatkan country branding, multiplier effect, dan economy effect.

"Di beragam negara, event MotoGP memberikan akibat ekonomi dan multiplier effect, termasuk Indonesia. Sebagai BUMN, Pertamina mendukung event internasional ini agar bisa memberikan akibat ekonomi bagi masyarakat, termasuk pelaku UMKM. Selain itu, Pertamina Grand Prix of Indonesia mendorong nama Pertamina lebih mendunia," ungkap Fadjar menambahkan.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bagian transisi energi, berkomitmen dalam mendukung sasaran Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program nan berakibat langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini upaya dan operasi Pertamina.

(inh)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com