Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Pernikahan Dini Di Yayasan Pendidikan Al-Hikmah Balongrejo

Jombang, Padangbulan.co.id – Kegiatan sosialisasi PAIH (penyuluhan agama islam honorer) bersama Polri & GANN (Gerakan Anti Narkoba Nasional) Yang diselenggarakan oleh KUA Sumobito dengan tema Penyalahgunaan narkoba dan pernikahan usia dini. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan di Masjid AL-HIKMAH Balongrejo Sumobito Jombang pada Sabtu pagi (09/10/21).

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolsek Sumobito AKP. M.AMIN dan juga Ketua GANN kabupaten Jombang Rochmat Abidin, S.Tp, Berserta Tim PAI dari KUA Sumobito.

Acara diawali dengan sambutan dari pihak yayasan yang diwakili oleh M. Zuhaily Zulfan selaku pengurus. ia juga mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya atas kesempatan yang diberikan, dimana penyuluhan tersebut adalah pertama kali selama PPKM berlangsung di Jombang.

AKP. M. Amin dalam sambutanya juga berpesan kepada para murid-murid dan pemuda supaya menghindari narkotika. Ia juga memberikan edukasi tentang hukum yang berlaku bagi para penyalahguna narkotika di Indonesia.

Acara berlanjut ke sambutan dari Ketua GANN Rochmat abidin, Ia berpesan kepada para murid untuk berhati-hati dengan narkoba, karena sudah banyak sekali pelajar-pelajar yang terjerumus pada narkotika.

“Saya harap kalian berhati-hati dengan ancaman ini, karena data statistik Indonesia tahun 2021 tentang pelajarar dan pemuda yang terjerumus ke narkoba mencapai 3.9%.” tutur Ketua GANN Jombang.

Ia juga menyampaikan bahwa GANN akan terus membantu pihak yang berwenang dengan membentuk relawan-relawan di setiap desa untuk bersama mencegah dan menekan penyebaran narkoba di kabupaten Jombang. Hal ini sebagai bentuk pengabdian GANN dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Sebagai tambahan, Rudi Yuswono (Wakil Ketua GANN) juga memberikan edukasi dan pengetahuan secara rinci kepada murid-murid YPI Al-Hikmah melalui Slide Power Point yang ditampilkan.

Ia juga menjelaskan secara rinci tentang bahaya, Ciri-ciri, bentuk, sifat serta asal-usul narkotika. Rudi juga bercerita tentang salah satu korban pelajar yang masa depannya hancur akibat penyalahgunaan narkoba.

Baca Juga :  Pesan Kapolsek Sumobito Dalam Penyuluhan Di YPI Al-Hikmah Balongrejo

“Jadi saya harap murid-murid dapat memahami penjelasan tadi mulai dari ciri-ciri dan seterusnya agar tidak bernasib sama seperti pelajar yang barusan saya ceritakan”. Pungkas Rudi.

Pemateri terakhir tentang pernikahan dini diisi oleh perwakilan KUA Sumobito, dalam materi ini para murid diberikan edukasi tentang bahaya seks bebas yang berakibatkan pada pernikahan dini.

Ia juga menjelaskan tentang ancaman dimana bakat-bakat muda harus terpendam dalam dikarenakan pernikahan dini, dimana para pemuda yang harus mengurus anak dan rumah tangga serta bekerja memenuhi kebutuhan. Akibatnya kemajuan suatu individu menjadi terhambat bahkan hilang.

“Saya merasa sangat menyayangkan atas tindakan ini, masa-masa mereka yang rata-rata masih belum matang secara mental, fikiran, tubuh serta finansialnya.” Pungkas petugas PAIH KUA Sumobito.

(MDA)

__Posted on
October 9, 2021
__Categories
Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *