Penjelasan Garuda Indonesia soal Percikan Api di Pesawat Calon Haji

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Garuda Indonesia buka bunyi soal pesawat GA-1105 nan mengangkut ratusan calon jemaah haji kloter lima embarkasi Makassar mengeluarkan percikan api.

Percikan itu muncul dari bagian sayap pesawat, sesaat bakal lepas landas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan pesawat nan mengangkut calon jemaah haji menuju Madinah, Arab Saudi, itu pun melakukan prosedur Return to Base (RTB) namalain kembali ke mendarat di airport asal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"RTB sebagai langkah sigap guna memitigasi akibat pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut," kata Irfan dalam keterangannya, Rabu (15/5).

Irfan menjelaskan keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC), segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan hambatan pada mesin pesawat nan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine.

"Atas kondisi itu, engine pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi," ungkapnya.

Sampai saat ini, kata Irfan, pesawat tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 17.15 WITA.

"Hingga pernyataan ini disampaikan, seluruh penumpang tengah diarahkan kembali menuju pondok untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti," terangnya.

Irfan pun menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan nan terjadi kepada seluruh jemaah haji penerbangan tersebut, juga kepada Kementerian Agama selaku penyelanggara haji.

"Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi intensif kepada pihak-pihak mengenai guna memastikan tindak lanjut penanganan jamaah untuk dapat kembali melanjutkan perjalanan," pungkasnya.

Sebelumnya, sebuah pesawat nan mengangkut calon jemaah haji (CJH) kloter lima Embarkasi Makassar mengalami hambatan berupa asap keluar dari sayap pesawat sesaat setelah lepas landas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Video detik-detik kejadian itu beredar di media sosial. Dalam video, pesawat Garuda nan hendak berangkat ke tanah suci dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar tiba-tiba mengeluarkan percikan api saat bakal tinggal landas. Kejadian itu pun terekam kamera pengantar family jamaah calon haji.

"Iya, informasinya keluar asap dari sayapnya, sekarang kembali ke Asrama Haji Sudiang," kata salah satu family CJH, Wahida kepada CNNIndonesia.com, Rabu (15/5).

General Manager PT, Angkasa Pura I, Taochid Purnomo Hadi membenarkan bahwa pesawat nan mengangkut ratusan JCH itu kembali ke Bandar Sultan Hasanuddin.

"Terdapat penerbangan nan mendarat kembali di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar lantaran mengalami hambatan teknis. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan haji kloter lima nan dilayani oleh Garuda Indonesia," kata Taochid.

[Gambas:Video CNN]

(mir/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com