Peduli Lingkungan, Tim PKM Universitas Prasetya Mulya Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Wonosalam

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

JOMBANG: Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Prasetiya Mulya Jakarta melaksanakan penyuluhan mengenai pemilahan sampah dan pengelolaan bank sampah di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Tepatnya di Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam.

Pantauan dilokasi, di Balai Desa Galengdowo Tim disambut hangat oleh masyarakat setempat dan Kepala Desa Galendowo, Wartomo. Tim nan dipimpin oleh Mey Lista Tauryawati dan beranggotakan Faizah Sari, dan B. Realino Yudianto, langsung memberikan paparan tentang Pengelolaan Sampah.

Selain melakukan paparan, Tim tersebut juga memberikan game intermezo kepada puluhan masyarakat nan hadir.

“Kegiatan PKM adalah aktivitas rutin tahunan nan diselenggarakan oleh Universitas Prasetiya Mulya, sebagai corak penerapan kehadiran kampus kepada masyarakat,”Ujar Ketua Tim PKM Universitas Prasetiya Mulya, Mey Lista Tauryawati. Jumat, 26 Juli 2024.

Mey menambahkan, masalah sampah merupakan persoalan nan kompleks dan kudu dipecahkan berbareng sehingga bisa menjadi sebuah pendapat cemerlang.

“Kesadaran masyarakat juga penting, dan pemahaman masyarakat bakal sampah juga sangat diperlukan, sebagai salah satu dasar output aktivitas kali ini,”Tandasnya.

Terpisah, Kepala Desa Galengdowo, Wartomo, mengatakan bahwa aktivitas ini selaras dengan program Pengelolaan Sampah di Desa Galengdowo. Hal ini sesuai Peraturan wilayah Kabupaten Jombang No 3 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah.

“Desa Galengdowo telah memprakarsai beberapa program nan mendukung kesejahteraan dan peningkatan perekonomian Masyarakat, seperti Penanganan Air Bersih dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pengelolaan Susu Sapi. Akan tetapi Solusi tetap diperlukan bagi penanganan masalah sampah,”Ujarnya.

Pihaknya menuturkan aktivitas PKM dari Universitas Prasetiya Mulya ini dipandang sebagai langkah awal nan membantu meningkatkan kesadaran Masyarakat dan menawarkan solusi penanganan sampah.

“Kami cukup berterima kasih atas kerjasama ini masyarakat juga menyambut baik aktivitas ini, mulai dari sesi pemilahan sampah rumah tangga dan pengantar pengelolaan bank sampah sampai selesai acara,”Pungkasnya.

Untuk diketahui, Tim PKM Universitas Prasetiya Mulya menyumbang Denah Rute Waste Collection nan dapat diterapkan oleh warga. Denah ini meliputi 26 Titik pengumpulan sampah di Desa Galengdowo dalam radius 2 km dan berhujung di Tempat Pembuangan Sampah Desa Galengdowo.

Navigasi pos

Sumber kabarjatim.com
kabarjatim.com