OIKN Siapkan Psikolog Buat PNS Terdampak Pemindahan ke IKN

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 07 Mei 2024 20:35 WIB

Otorita menyiapkan jasa psikolog dengan sistem canggih untuk PNS nan terkena akibat pemindahan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Otorita menyiapkan jasa psikolog dengan sistem canggih untuk PNS nan terkena akibat pemindahan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).

Jakarta, CNN Indonesia --

Otorita menyiapkan jasa psikolog dengan sistem canggih untuk pegawai negeri sipil (PNS) nan terkena akibat pemindahan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Direktur Pelayanan Dasar Kedeputian Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Suwito menyebut pelayanan kesehatan di IKN bakal bertaraf dunia. Salah satunya diwujudkan dalam corak platform Telemedicine Nusantara.

"Kalau selama ini kita kenal Halodoc, saat konsultasi dengan master tanpa tatap muka, nan bakal dikembangkan di IKN kelak lebih dari itu," ucapnya dalam seminar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (7/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Layanan ilmu jiwa pun kelak bisa dilakukan secara digital nan saat ini mungkin tetap banyak permasalahan-permasalahan psikologi. Termasuk kelak aparatur sipil negara (ASN) nan bakal datang ke sini (IKN) mungkin ada akibat psikologisnya," sambung Suwito.

Suwito menjelaskan, secara sederhana, jasa ini membikin pasien tak perlu datang langsung ke rumah sakit untuk berobat alias berkonsultasi dengan dokter. Jika kudu bertemu, pasien bisa memilih tempat pelayanan kesehatan mana nan mau dituju dan ke master siapa.

Konsultasi dengan sistem canggih ini juga bertindak untuk jasa psikolog.

"Sehingga dengan telemedicine tidak hanya pencatatan pelaporan, tapi lebih dari itu untuk memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat nan ada di otorita (IKN)," tambahnya.

Ia menegaskan pelayanan kesehatan di ibu kota anyar ini bakal merujuk beleid mengenai nan menargetkan IKN sebagai 'Kota Dunia untuk Semua'.

Suwito menekankan pihaknya bakal bekerja sesuai petunjuk tersebut.

Rumah sakit (RS) di IKN juga bakal berbobot global. Ini diharapkan bisa mengurangi penduduk negara Indonesia (WNI) nan selama ini tetap memilih berobat ke luar negeri.

Salah satu langkah menggarap RS bertaraf internasional adalah dengan menghapuskan sistem kelas. Suwito menilai sistem kelas nan ada selama ini malah memperpanjang proses pelayanan.

[Gambas:Video CNN]

(skt/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com