Menperin Bongkar Alasan Bata Tutup Pabrik di Purwakarta

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 07 Mei 2024 15:44 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyebut Bata menutup pabrik sepatu di Karawang lantaran upaya menyehatkan finansial dengan menjual aset tak berhasil. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyebut Bata menutup pabrik sepatu di Karawang lantaran upaya menyehatkan finansial dengan menjual aset tak berhasil. (CNN Indonesia/ Dela Naufalia).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengungkap argumen PT Sepatu Bata menutup pabriknya nan berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat per 30 April 2024 lalu.

Menurut Agus, penutupan dilakukan lantaran perusahaan berupaya untuk membenahi perusahaan nan merugi akibat pembengkakan beban operasional.

"Dia (Bata), boleh saya sampaikan sedang melakukan upaya transformasi digitalisasi dan mereka meng-adjust aktivitas bisnisnya untuk lebih efisien," ujarnya rekaman bunyi nan dibagikan Tim Humas Kementerian Perindustrian, Selasa (7/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menambahkan perusahaan sebenarnya sudah menjual sebagian aset untuk memperkuat dalam beberapa tahun terakhir. Namun, kondisi perusahaan tak juga membaik sehingga mereka memutuskan untuk menutup pabrik.

"Termasuk nan kita ketahui bersama, mereka sudah menjual aset dalam rangka untuk menjadikan perusahaan kembali sehat dan efisien," jelas Agus.

PT Sepatu Bata Tbk menutup operasional pabrik di Purwakarta, Jawa Barat, per 30 April 2024.

Corporate Secretary Sepatu Bata Hatta Tutuko mengatakan perusahaan menutup operasional lantaran merugi di tengah menurunnya permintaan.

"Dengan adanya keputusan ini, maka Perseroan tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta," katanya seperti dikutip dari keterbukaan info Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (3/5).

Ia menuturkan Bata telah melakukan beragam upaya selama empat tahun terakhir di tengah kerugian dan tantangan industri akibat pandemi covid-19. Di lain sisi, perubahan perilaku konsumen nan begitu sigap juga menjadi tantangan.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com