Mendagri Beber Biang Kerok Harga Bawang Putih Meroket

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan nilai bawang putih tak kunjung turun lantaran minimnya realisasi impor komoditas tersebut.

Menurutnya, mahalnya bawang putih di dalam negeri bukan lantaran nilai dari negara asal impornya, ialah China, naik.

"Kalau kita terjadi kenaikan nilai bawang putih, bukan lantaran nilai tempat sumbernya naik, tetapi lantaran kita sendiri di dalam negeri, manajemen kita kurang bagus. nan sudah diberikan izin impor belum melalukan realisasi seusai target," katanya dalam rapat koordinasi inflasi, Senin (13/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tito mengatakan nilai bawang putih di China condong stabil di level US$0,89 per kg. Masalah nilai ini terletak pada para importir nan sudah diberikan izin impor, tetapi belum melalukan realisasi sesuai target.

"Sudah punya izin impor tetapi tidak bisa merealisasikan, sama saja bohong," katanya.

Karena itu, dia mengimbau Kementerian Perdagangan maupun Kementerian Pertanian untuk mendorong pelaku upaya merealiasasikan impornya.

"Kalau sudah masuk (bawang putih impor), segera distribusi. Kemudian jika sudah realisasi, ditahan sampai langka, nilai naik, baru dilepas untuk dapat keuntungan, nah ini pidana, pidana penimbunan barang," katanya.

Dalam kesempatan nan sama, Deputi III Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Edy Priyono mengatakan pihaknya bakal memanggil importir bawang putih mengenai minimnya realisasi impor komoditas tersebut.

"Sebagai salah satu tindaklanjut, minggu ini atas persetujuan Kemendag, kami bakal memanggil importir bawang putih ke Kantor Staf Presiden, kita bakal bicara gimana caranya realisasi impor cepat," katanya.

Ia mengatakan Badan Pangan Nasional juga tengah menyusun hukuman administratif bagi importir nan tidak kunjung merealisasikan persetujuan impor (PI).

"Kita sudah menyampaikan konsen kita, tidak bisa telah memberikan PI, lampau pengusaha seenaknya sendiri kapan mengatur kapan masuknya bawang putih dan sebagainya," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com