Menata Hidup dan Mencari Penghasilan Baru Bagi Korban PHK

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) belakangan kembali marak. Kali ini menimpa pekerja di industri tekstil.

Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) mencatat sekitar 13.800 pekerja tekstil terkena PHK di Jawa Barat dan Jawa Tengah sepanjang Januari 2024 hingga awal Juni 2024. Angka itu belum termasuk puluhan kasus PHK dari perusahaan-perusahaan kecil.

Menjadi korban PHK tentu menjadi mimpi jelek bagi para pekerja. Kendati, pekerja tak boleh larut dalam kesedihan, tetap ada kesempatan upaya nan bisa diambil untuk mendapat penghasilan demi menata hidup kembali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu jalan nan bisa ditempuh adalah membuka upaya sendiri.

Lantas, seperti apa langkah menata hidup dan mencari penghasilan baru bagi korban PHK?

Jasa Antar Jemput Anak Sekolah dan Ojek Online

Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan ada beberapa jenis upaya alias pekerjaan nan bisa diambil oleh pekerja nan terkena PHK. Modalnya, bisa diambil dari pesangon ataupun apresiasi dari perusahaan sebelumnya.

Andy menyebut salah satu upaya di bagian jasa nan bisa diambil adalah antar jemput anak sekolah. Khusus, upaya ini pekerja kudu mempunyai kendaraan nan siap digunakan.

"Jasa antar jemput anak sekolah. Modalnya mobil nan kita miliki plus BBM," kata Andy kepada CNNIndonesia.com, Jumat (14/6).

Selain itu, pekerja juga bisa memilih opsi untuk menjadi driver ojek/taxi online. Usaha ini juga memerlukan kendaraan sebagai modal pertama.

Reseller

Andy mengatakan pekerja korban PHK pun bisa menghasilkan pendapatan dengan langkah menjadi reseller secara online. Modal untuk upaya ini pun terbilang minim.

Pasalnya, pekerja tidak perlu repot memproduksi produk sendiri. Mereka cukup mengambil dari pemasok kemudian menjualnya kembali pada pembeli.

"Berjualan produk dengan langkah reseller secara online. Modalnya HP dan kuota internet nan kita miliki," kata Andy.

Ia menyebut sejumlah produk nan bisa dijual reseller mulai dari pakaian, makanan, hingga kebutuhan rumah tangga.

Tak hanya itu, langkah berjualannya pun bisa dilakukan dengan langkah kekinian. Misalnya, secara live streaming di media sosial.

Pengelola Media Sosial

Pekerja nan terkena PHK juga bisa memilih opsi menjadi pengelola media sosial. Jasa nan bisa dipakai seperti admin, copywriter, hingga virtual assistant.

Modalnya pun terbilang minim. Pekerja cukup menyediakan HP alias laptop plus jaringan internet.

"Menjadi admin sosmed, copywriter, virtual assistant. Modalnya adalah hape/laptop nan kita miliki, plus kuota/jaringan internet," kata Andy.

Namun untuk pekerjaan ini, pekerja kudu mempunyai keahlian unik di bagian media sosial ataupun copywriter.

Jual Beli Barang Secara Konvensional

Andy menuturkan pekerja nan kehilangan pekerjaan bisa memulai upaya sendiri dengan berdagang barang.

Ia mencontohkan, pekerja bisa berbelanja peralatan di pasar induk. Kemudian, peralatan tersebut dijual kembali di lingkungan rumah.

Cara penjualannya pun bisa menggunakan sistem pre order. Artinya, calon pembeli memesan terlebih dulu peralatan nan diinginkan.

Setelah itu, pekerja bisa berbelanja peralatan nan diinginkan di pasar induk.

"Modalnya tergantung dari peralatan nan kita perjualbelikan. Perkiraan dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta sebagai awalannya," ucap Andy.

Bersambung ke laman berikutnya...


Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com