Luhut Tawarkan Elon Musk Proyek Landasan Peluncuran Roket di Biak

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Minggu, 19 Mei 2024 11:56 WIB

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menawarkan proyek landasan peluncuran roket di Biak, Papua ke CEO SpaceX, Elon Musk. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menawarkan CEO SpaceX Elon Musk proyek landasan peluncuran roket di Biak. (CNN Indonesia)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menawarkan proyek landasan peluncuran roket di Biak, Papua ke CEO SpaceX, Elon Musk.

Tawaran itu muncul saat Luhut semobil dengan Musk setelah menjemput dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, pada Minggu (19/5) waktu setempat.

Selama perjalanan, mereka membahas beragam topik termasuk roket Starship dan kesungguhan Musk meluncurkan roket ke Mars.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya juga menawarkan kepada dia landasan peluncuran di Biak. Saya bilang kepada dia bahwa Biak sangat cocok lantaran berada di ekuator, jadi ongkos (peluncuran) bisa lebih murah," kata Luhut di Tri Hita Karana, Kawasan Kura-kura Bali.

Di kesempatan itu, Luhut juga mengatakan dia dan Musk sempat menyinggung rumor lingkungan.

Luhut menilai pembahasan roket tak lepas dari pembicaraan soal lingkungan. Dia lantas membeberkan Indonesia mempunyai program penanaman kembali 600 ribu hektar tanaman mangrove, dan sudah sukses dalam 200 ribu hektar pertama.

Merespons komentar Luhut, Musk mengatakan Tesla merupakan bentuk kepedulian dia terhadap lingkungan.

"Dan Elon bilang Tesla juga peduli tentang lingkungan," kata Luhut mengingat pembicaraan dia dengan Musk.

Musk datang ke Bali untuk meresmikan Starlink, jasa internet satelit nan berada di bawah SpaceX. Peresmian tersebut dijadwalkan berjalan sore ini di salah satu Puskesmas di Denpasar.

Peresmian ini bakal dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri. Mereka ialah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Selain meresmikan Starlink, Musk juga disebut bakal menjadi salah satu pembicara dalam pembukaan World Water Forum ke-10 pada Senin.

(isa/pua)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com